Pengembangan Modul PJBL (Project Based Learning) Hybrid Mode Untuk Melatih Keterampilan Sains Siswa IPA Fase D

Imtiyaza, Muhammad Iffat (2024) Pengembangan Modul PJBL (Project Based Learning) Hybrid Mode Untuk Melatih Keterampilan Sains Siswa IPA Fase D. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text
20208022_PRABAB.pdf

Download (905kB)
[img] Text
20208022_BAB1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
20208022_BAB2.pdf

Download (788kB)
[img] Text
20208022_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text
20208022_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20208022_BAB5.pdf

Download (462kB)
[img] Text
20208022_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
20208022_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (190kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka kelas 8. IPA banyak berpartisipasi dalam pendidikan, mulai dari yang lugas hingga rumit, mulai dari yang tidak terlihat jelas atau abstrak sampai dengan konkrit dalam memecahkan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Project Based Learning (PJBL) dengan hybrid mode untuk melatih keterampilan sains siswa pada mata pelajaran IPA Fase D. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yang terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, perancangan modul, validasi ahli, uji coba lapangan, dan revisi produk. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 3 Kediri, dengan siswa kelas VIII yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 10 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD atau Research and Development dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) pendefinisian (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul PJBL hybrid mode yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan sains siswa secara signifikan. Modul ini memadukan pembelajaran offline dan online, sehingga memberikan fleksibilitas dan keterlibatan yang lebih baik bagi siswa. Validasi oleh para ahli dan uji coba lapangan menunjukkan bahwa modul ini layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil pernilaian para validator ahli merdia terrkait derngan kerlayakan modurl permberlajaarn PjBL hybrid moder mermiliki kriterria kerlayakan yang sangat layak berrdasarkan 2 asperk yaitur asperk rerkayasa merdia, dan asperk komurnikasi visural dengan persentase nilai 93%. Serdangkan pada pada pernilaian ahli materri jurga merndapatan kriterria yang sangat layak berrdasarkan 2 asperk yaitur asperk permberlajaran dan isi materri dengan persentase 90%. Respons pendidik dan respons peserta didik mengenai modul PjBL hybid mode diperoleh dengan cara menyebarkan angket keterbacaan. Peneliti melakukan penelitian dengan menyebarkan angket kepada pendidik IPA MTsN 3 Kediri. Hasil respons pendidik diperoleh 95 % dengan kategori sangat baik/layak. Uji coba kelompok kecil untuk mendapat respons peserta didik dilakukan kepada 10 orang peserta didik kelas VIII MTsN 3 Kediri. Hasil respons peserta didik diperoleh presentase sebesar 84,5 % dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris IPA
Depositing User: MUHAMMAD IFFAT IMTIYAZA
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:54
Last Modified: 02 Jul 2024 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13296

Available Versions of this Item

  • Pengembangan Modul PJBL (Project Based Learning) Hybrid Mode Untuk Melatih Keterampilan Sains Siswa IPA Fase D. (deposited 02 Jul 2024 07:54) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item