Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Sepeda” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peredaran Darah Manusia Kelas 5 SDN Tulungrejo 1 Pare Kab. Kediri

Fahrunnisa', Alfiniya (2024) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Sepeda” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peredaran Darah Manusia Kelas 5 SDN Tulungrejo 1 Pare Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605320_Prabab.pdf

Download (940kB)
[img] Text
932605320_bab1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
932605320_bab2.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932605320_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
932605320_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932605320_bab5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932605320_daftarpustaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
932605320 lembar pernyataan publikasi.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932605320_bab3.pdf

Download (414kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu muatan pelajaran yang terdapat dalam pelajaran tematik dan sesuai dengan kurikulum 2013 muatan pelajaran IPA kelas 5 semester 1 yang berisi materi sistem peredaran darah manusia yang penjelasannya masih bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara nyata. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mengembangakan multimedia pembelajaran interaktif sistem peredaran darah manusia (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif sistem peredaran darah manusia (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan multimedia pembelajaran interaktif sistem peredaran darah manusia. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif “SEPEDA” mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analysis (2) Desaign (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Hasil validasi produk multimedia pembelajaran interaktif dari ahli desain media, ahli materi dan ahli pembelajaran dengan skor presentase sebesar 96 %, 75%, dan 100 %, Sehingga berada pada kategori Sangat Layak. Hasil dari penilaian juga didapatkan melalui hasil angket peserta didik pada uji pengguna perorangan dengan presentase sebesar 94, 5 (Sangat Layak). Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui nilai rata-rata pretest = 40,6 dan meningkat pada hasil posttest = 81,4, selain itu berdasarkan uji N-Gain memperoleh hasil 0,6987 yang berarti terjadi peningkatan dengan kriteria sedang artinya pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran interaktif SEPEDA dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mampu menarik perhatian peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alfiniya Fahrunnisa
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:18
Last Modified: 01 Jul 2024 07:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13279

Actions (login required)

View Item View Item