Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv MI

Alin, Shinta Nur Istiwa (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605820_prabab.pdf

Download (592kB)
[img] Text
932605820_bab1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932605820_bab2.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932605820_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
932605820_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932605820_bab5.pdf

Download (111kB)
[img] Text
932605820_bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932605820_daftarpustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text
932605820_keaslian_Tulisan.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian dan Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan – permasalahan yang terjadi di MI Islamiyah 1 Surowono termasuk kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial karena mata pelajaran ini baru diterapkan pada kurikulum merdeka dimana pada kurikulum sebelumnya adalah mata pelajaran tematik. Pada saat proses pembelajaran guru masih menggunakan buku LKS saja dalam pembelajaran, sehingga kegiatan pembelajaran kurang efektif. Pada tingkat kelas tinggi termasuk kelas IV sudah diperkenalkan dengan media pembelajaran dengan berbentuk digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV Jenis Penelitian yang digunakan peneliti yaitu research and development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE Analysis (Analisis) , Design (Desain), Development, (Pengembangan) and Evaluation (Evaluasi)). Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh data terkait analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis peserta didik kelas IV, desain yang dilakukan dengan menyusun flowchart, mockup, pengembangan yang dilakukan yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran digital smart book. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan instrumen angket validasi materi, bahasa, media dan angket minat belajar peserta didik pada kelas IV, dokumentasi, uji coba yang dilakukan yaitu denga uji normalitas, homogenitas, uji t dan uji n – gain. Hasil penelitian dan pengembangan merupakan digital smart book. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli bahasa yang menunjukkan tingkat persentase 80% (layak), ahli materi 1 yang menunjukkan tingkat persentase 84% (layak), ahli materi II yang menunjukkan tingkat persentase 100% (sangat layak), ahli media yang menunjukkan tingkat pesentase 100% (sangat layak). uji normalitas yang menujukkan sebelum penerapan 0,704 ≥ 0,05 dinyatakan jika data berdistribusi normal. Sedangkan setelah penerapan media 129 ≥ 0,05 dinyatakan jika data berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui adalah 099 sehingga data tersebut adalah homogen karena lebih dari 0.05. uji t yang menunjukkan tingkat pesentase 95% yang menunjukkan media digital smart book dapat meningkatkan minat belajar, uji n gain menunjukkan rata – rata 5962 yang memeiliki nilai kurang 0,07 hasil ini menujukkan kategori sedang pada media pembelajaran digital smart book.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shinta Nur Istiwa Alin
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:09
Last Modified: 01 Jul 2024 04:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13278

Actions (login required)

View Item View Item