Pengembangan Media Ajar Manipulatif Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan Kelas 5 Di MI Jami’atut Tholibin

Alifin, Fatkhan (2024) Pengembangan Media Ajar Manipulatif Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan Kelas 5 Di MI Jami’atut Tholibin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932604020_Prabab.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932604020_BABI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932604020_BABII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
932604020_BABIII.pdf

Download (535kB)
[img] Text
932604020_BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (922kB)
[img] Text
932604020_BABV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
932604020_BABVI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932604020_DaftarPustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932604020_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk:1) Mengetahui Prosedur Pengembangan Media Manipulatif Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di MI Jami’atut Tholibin Materi Konsep Tahapan Rantai Makanan terhadap hasil belajar siswa; 2) Dapat menetahui kelayakan Media pembelajaran Manipulatif Wayang pada materi konsep tahapan rantai makanan terhadap hasil belajar siswa; 3) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Manipulatif Wayang dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosep tahapan rantai makanan pada kelas 5 MI Jami’atut Tholibin di bandingkan media pembelajaran konvesional; 4) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 MI Jami’atut Tholibin.Jenis penelitian yang diambi ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Jami’atut Tholibin. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, angket validasi dan dokumentsi yang dilakukan di MI Jami’atut Tholibin.Hasil penelitian dan pengembangan ini: 1) pengembangan media pembelajaran box display untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa, pada penelitian ini penulis menggunakan model ADDIE yang mencangkup langkah-langkah analysis, design, development, implementation dan evaluation; 2) hasil kelayakan media yang divalidasi oleh ahli media mencapai 92% sedangkan pada ahli materi mendapatkan 96% menunjukkan bahwa media dan materi yang digukakan mendapatkan kategori layak dan bisa digunakan untuk uji coba, kelayakan juga dilihat dari respon angket siswa mendapatkan 90,13%; 3)efektifitas media dikatakan efektif diambil dari nilai rata- rata pre test dan post test yang mana hasinya mendapatkan kenaikan dari 18,8 menjadi 75,6 dan terjadi peningkatan sebedar 56,8; 4) peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media manipulatif wayang dilakukan melalui uji N Gain dan uji-t berpasangan dengan menggunakan hasil post test dan pre test yang memperoleh skor 0.66 pada uji N Gain maka masuk ke kategori “sedang” sedangkan pada uji-t berpasangan memperoleh hasil kurang dari 0,05 yaitu sig. (0,000) < 0,05 sehingga H_0 ditolak maka H_α diterima maka dikatakan terdapat perubahan sebelum dan setelah diterapkan media pembelajaran manipulatif wayang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FATKHAN ALIFIN
Date Deposited: 30 Jul 2024 07:24
Last Modified: 30 Jul 2024 07:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13268

Actions (login required)

View Item View Item