Alifin, Fatkhan (2024) Pengembangan Media Ajar Manipulatif Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Rantai Makanan Kelas 5 Di MI Jami’atut Tholibin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604020_Prabab.pdf Download (400kB) |
|
Text
932604020_BABI.pdf Download (302kB) |
|
Text
932604020_BABII.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
Text
932604020_BABIII.pdf Download (535kB) |
|
Text
932604020_BABIV.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
|
Text
932604020_BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
932604020_BABVI.pdf Download (165kB) |
|
Text
932604020_DaftarPustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text
932604020_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (294kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk:1) Mengetahui Prosedur Pengembangan Media Manipulatif Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Di MI Jami’atut Tholibin Materi Konsep Tahapan Rantai Makanan terhadap hasil belajar siswa; 2) Dapat menetahui kelayakan Media pembelajaran Manipulatif Wayang pada materi konsep tahapan rantai makanan terhadap hasil belajar siswa; 3) Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran Manipulatif Wayang dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosep tahapan rantai makanan pada kelas 5 MI Jami’atut Tholibin di bandingkan media pembelajaran konvesional; 4) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 MI Jami’atut Tholibin.Jenis penelitian yang diambi ini adalah Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Jami’atut Tholibin. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan observasi, wawancara, angket validasi dan dokumentsi yang dilakukan di MI Jami’atut Tholibin.Hasil penelitian dan pengembangan ini: 1) pengembangan media pembelajaran box display untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa, pada penelitian ini penulis menggunakan model ADDIE yang mencangkup langkah-langkah analysis, design, development, implementation dan evaluation; 2) hasil kelayakan media yang divalidasi oleh ahli media mencapai 92% sedangkan pada ahli materi mendapatkan 96% menunjukkan bahwa media dan materi yang digukakan mendapatkan kategori layak dan bisa digunakan untuk uji coba, kelayakan juga dilihat dari respon angket siswa mendapatkan 90,13%; 3)efektifitas media dikatakan efektif diambil dari nilai rata- rata pre test dan post test yang mana hasinya mendapatkan kenaikan dari 18,8 menjadi 75,6 dan terjadi peningkatan sebedar 56,8; 4) peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media manipulatif wayang dilakukan melalui uji N Gain dan uji-t berpasangan dengan menggunakan hasil post test dan pre test yang memperoleh skor 0.66 pada uji N Gain maka masuk ke kategori “sedang” sedangkan pada uji-t berpasangan memperoleh hasil kurang dari 0,05 yaitu sig. (0,000) < 0,05 sehingga H_0 ditolak maka H_α diterima maka dikatakan terdapat perubahan sebelum dan setelah diterapkan media pembelajaran manipulatif wayang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | FATKHAN ALIFIN |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13268 |
Actions (login required)
View Item |