PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DAN NILAI KEISLAMAN MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL’ALAMIN DI MTSN 1 KEDIRI

Fitri, Shohihatul Awaliyah Qubailal (2024) PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DAN NILAI KEISLAMAN MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL’ALAMIN DI MTSN 1 KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201007_Prabab.pdf

Download (748kB)
[img] Text
20201007_BAB1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
20201007_BAB2.pdf

Download (286kB)
[img] Text
20201007_BAB3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
20201007_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
20201007_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
20201007_BAB6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
20201007_Daftarpustaka.pdf

Download (188kB)

Abstract

Kreativitas siswa dan penguatan nilai-nilai keislaman merupakan dua aspek yang ketika keduanya digabungkan dapat menciptakan pondasi yang kuat untuk pengembangan karakter anak. Kreativitas siswa dapat mengembangkan potensi dan bakat siswa, sementara nilai keislaman memberikan kerangka moral dan etika dalam penggunaan kreativitas. Oleh sebab itu MTsN 1 Kediri menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil’alamin (P5PPRA) salah satunya adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa dan nilai keislaman. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi P5PPRA dalam mengembangkan kreativitas siswa. 2) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi P5PPRA dalam mengembangkan nilai keislaman. 3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas siswa dan nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan “kualitatif”. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara guru fasilitator pyoyek dan siswa kelas VIII, observasi dan dokumentasi berupa pelaksanaan P5PPRA. Peneliti melaksanakan penelitian di MTsN 1 Kediri khususnya kelas VIII. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sumber data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peserta didik menghasilkan gagasan, karya dan tindakan yang orisinal ditunjukkan dalam pelaksanaan P5, peserta didik mengolah informasi yang diperoleh, berdiskusi untuk bertukar pendapat dan ide, memberikan kritik dan masukan, serta bertukar informasi terkait pembuatan short movie. Dalam tema ‘Bangunlah Jiwa dan Raganya’, mereka membuat alur cerita, membuat sinopsis, membagi peran, menentukan lokasi, membuat video tentang stop bullying, menulis naskah, dan membuat poster terkait stop buliying. Peserta didik juga memiliki keluwesan berpikir dalam mencari solusi alternatif untuk menyelesaikan suatu masalah. 2) Peserta didik diajarkan untuk memahami sudut pandang orang lain dengan mengutamakan persamaan dan menghargai perbedaan, mengutamakan kepentingan umum, bersikap sopan, memberi contoh yanh baik, bekerja sama, menyampaikan pendapat dengan jujur, menerima pendapat orang lain, serta berani mengambil keputusan. Mereka juga menjalani pembiasaan pagi seperti sholat dhuha dan tausiyah sebelum kegiatan P5. 3) Faktor pendukung: memberikan waktu yang cukup, menciptakan suasana kelas yang aktif, kreatif, dan islami, diberikan kesempatan, dan adanya dukungan dari lingkungan sekitar. Faktor penghambat: kurangnya komunikasi dan tanggung jawab siswa, kurangnya fasilitas dari madrasah, dan kurangnya guru yang berkompeten dibidangnya dalam proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shohihatul Fitri
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:04
Last Modified: 28 Jun 2024 09:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13248

Actions (login required)

View Item View Item