Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Efikasi Diri di MTS Nurul Islam Kota Kediri

Albahria, Erna Zeniatul Baiti (2024) Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Efikasi Diri di MTS Nurul Islam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932308619_bab1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
932308619_bab2.pdf

Download (522kB)
[img] Text
932308619_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
932308619_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
932308619_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
932308619_bab6.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932308619_daftar pustaka.pdf

Download (442kB)
[img] Text
932308619_prabab.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan lembar pengesahan erna.pdf

Download (645kB)
[img] Text
Erna Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas pendekatan pendidikan pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs Nurul Islam Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan survey. Desain yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Nurul Islam Kediri yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengembilan sampel menggunankan simple random sampling, sehingga dari seluruh populasi dipilih 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan dengan pendekatan pendidikan matematika realistik. Instrumen yang digunakan adalah berupa RPP, pretest dan posttest, angket dan lembar observasi. Penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dengan nilai signifikan pada analisis regresi linear sebesar dan pengaruh efikasi diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah sebesar 13,2% sedangkan sisanya 86,8% diperngaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitan 2) Nilai rata-rata skor n-gain adalah 0,56, yang mana pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dikategorikan memiliki efektifitas yang cukup. 3) Pengisian lembar observasi oleh obsever selama 3 pertemuan menunjukan hasil bahwa langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran terlaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Erna Zeniatul Baiti Albahria
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:15
Last Modified: 26 Jun 2024 06:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13210

Actions (login required)

View Item View Item