ZAKIYA, INAYATUZ (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Website Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206071_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206071_bab1.pdf Download (316kB) |
|
Text
20206071_bab2.pdf Download (332kB) |
|
Text
20206071_bab3.pdf Download (432kB) |
|
Text
20206071_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
20206071_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
20206071_bab6.pdf Download (271kB) |
|
Text
20206071_daftarpustaka.pdf Download (278kB) |
|
Text
20206071_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
INAYATUZ ZAKIYA, Dosen Pembimbing PUSPOKO PONCO RATNO, M.Pd. DAN AYU RIDHO SARASWATI, M.Pd. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Website dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD/MI. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif Berbasis Website, Hasil Belajar. Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kurikulum 2013 materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya. Penelitian dan pengembangan ini menanggapi dari permasalahan dalam permbelajaran yang sulitnya menghafal dan mengingat pembagaian keragaman suku bangsa dan budaya dikarenakan cakupan materi yang sangat luas. Dengan pengembangan media pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah menghafal dan menginagat pembagian keragaman suku dan budaya di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD/MI. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD/MI. 3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunaan Research and Development, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan tertentu, dan menguji keefektivan produk tersebut. Kemudian dilanjut dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode kualitatif berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan kuantatif berupa angket dengan menguji hipotesis. Pengujian hipotesa menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-T, dan Uji N-Gain. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan dalam penggunaan media pembelajaran di MI Miftahul Astar Ngadiluwih Kabupaten Kediri Kelas IV Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan multimedia interaktif berbasis website. Hasil kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli dengan menggunakan Indeks Aiken mendapatkan hasil validitas “sedang”, pada soal tes yang akan digunakan oleh siswa dinyataka “valid” dan “reliabel”. Selanjutnya dilakukan Uji Normalitas mendapatkan nilai residual berdistribusi “normal”, dan pada Uji Homogenitas disimpulkan bahwa distribusi data “homogen”. Sedangkan pada penggunaan media di kelas yang diuji dengan Uji T dan Uji N-Gain menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang nyata dan mengalami peningkatan antara hasil nilai pretest dan posttest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis website layak digunakan untuk pembelajaran di kelas
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | INAYATUZ ZAKIYA |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 03:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13203 |
Actions (login required)
View Item |