Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di MIN Bandar Kidul Kota Kediri

Irmawati, Chusnul (2017) Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru di MIN Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER SKRIPSI._HALAMAN PRA-BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
PROFIL PENULIS_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Gaya kepemimpinan transformasional terdapat beberapa komponen yakni pengaruh idealisme (Idealized Influence), motivasi inspirasional (Inspirational motivation), simulasi intelektual (Intellectual simulation) dan pertimbangan pribadi (Individualized consideration). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauhmana penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru melalui idealisme kepala madrasah, upaya kepala madrasah dalam menginspirasi dan memotivasi guru, upaya kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif guru, serta bentuk perhatian yang dilakukan kepala madrasah kepada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Pengecekan data dengan ketekunan pengamatan atau kedalaman observasi dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesionl guru yaitu, pertama, Idealisme kepala MIN Bandar yakni mempunyai komitmen dalam menjalankan program dan mengembangkan kompetensi guru, mempunyai visi dan misi yang jelas, mempunyai jiwa pekerja keras dan tekun, menjadi teladan bagi guru-guru yang secara langsung akan menimbulkan rasa hormat pada diri guru, dan meningkatkan rasa percaya diri guru. Kedua, Upaya kepala MIN Bandar Kidul dalam menginspirasi dan memotivasi guru yakni dengan menjadi contoh yang baik dalam hal kedisiplinan, kreativitas, maupun dalam pencapaian prestasi. Memberikan motivasi bagi guru-guru baik dalam bentuk pujian atas keberhasilan guru atau dengan memberikan gambaran tentang guru berprestasi. Ketiga, Upaya kepala madrasah dalam menumbuh kembangkan ide-ide kreatif dan inovatif guru yakni yakni dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, berupaya memberikan dorongan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran yang bervarias serta melakukan rapat rutin. Keempat, Bentuk perhatian kepala MIN Bandar Kidul kepada guru yakni dengan menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran serta menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan menyenangkan dan membina guru dengan diikutsertakan dalam pelatihan atau workshop.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:24
Last Modified: 06 Feb 2019 05:24
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item