Pengembangan Media Math Stook (Math Story Book) Pada Materi Operasi Hitung Campuran Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas III SD IT Nurul Huda

Moraninda, Gita Luthfiah (2024) Pengembangan Media Math Stook (Math Story Book) Pada Materi Operasi Hitung Campuran Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas III SD IT Nurul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206046_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206046_bab1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
20206046_bab2.pdf

Download (270kB)
[img] Text
20206046_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
20206046_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
20206046_bab5.pdf

Download (100kB)
[img] Text
20206046_daftarpustaka.pdf

Download (178kB)
[img] Text
20206046_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata Pelajaran yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 kelas III. Matematika banyak berpartisipasi dalam pendidikan, mulai dari yang lugas hingga rumit, mulai dari yang tidak terlihat jelas atau abstrak sampai dengan konkrit dalam memecahkan suatu masalah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mengetahui prosedur pengembangan media Math Stook (Math Story Book) materi operasi hitung campuran (2) mengetahui kelayakan media Math Stook (Math Story Book) materi operasi hitung campuran (3) mengetahui pemahaman matematis peserta didik melalui media Math Stook (Math Story Book) materi operasi hitung campuran. Penelitian ini dilaksanakan di SD IT Nurul Huda Kab. Kediri, dengan siswa kelas III yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD atau Research and Development dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan tahapan terakhir yaitu (5) Evaluasi. Hasil pengembangan Math Stook (Math Story Book) sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa, 1) Math Stook (Math Story Book) sesuai dengan materi operasi hitung campuran kelas III yang di desain secara menarik. Media Math Stook (Math Story Book) menggunakan kertas Art Paper Glossy Laminasi ukuran A4 dan terdiri dari 44 halaman. 2) kelayakan produk media pembelajaran Math Stook (Math Story Book) mendapat skor dari para validator yaitu oleh ahli desain media I dan II rekapitulasi data menunjukkan skor sebesar 80% yang berarti sangat valid, sedangkan oleh ahli materi pembelajaran memperoleh skor sebesar 98,18% dan 83,63% yang berart sangat valid, sedangkan oleh ahli pembelajaran mendapatkan skor sebesar 91,11% yang berarti sangat valid, dan ahli soal pretest dan posttest mendapatkan skor 96% yang berarti sangat valid. Setelah mendapatkan hasil valid dari para validator. 3) peneliti melakukan uji coba dengan melakukan pretes dan posttest dan mendapatkan hasil analisis data berupa rata-rata skor pretest = 71.304 dan meningkat pada hasil posttest = 83.958 sehingga terjadi peningkatan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan media pembelajaran Math Stook (Math Story Book). Selain itu hasil uji Uji-T yang mana thitung yang dihasilkan sebesar -5.467 kurang dari atau < dati ttabel yaitu -2.06866 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dan uji N-gain mendapat hasil sebesar 0.4398 yang berarti adanya peningkatan dengan kategori “sedang” artinya media Math Stook (Math Story Book) menarik dan mampu meningkatkan pemahaman matematis siswa. Saran untuk pengembangan media Math Stook (Math Story Book) selanjutnya yaitu dikembangkan menjadi beberapa versi atau dibuat dengan beberapa edisi hal ini bertujuan agar media Math Stook (Math Story Book) lebih bervariasi serta siswa lebih merasa tertarik dan tertantang untuk menyelesaikan setiap cerita dan soal yang ada di edisi-edisi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: GITA LUTHFIAH MORANINDA
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:28
Last Modified: 25 Jun 2024 04:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item