Hakim, Lukman (2020) Peran Spam Iklan di Kolom Komentar Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Akun @shop_herbal_fashion). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931356115 prabab.pdf Download (882kB) |
|
Text
931356115 BAB I.pdf Download (727kB) |
|
Text
931356115 BAB II.pdf Download (419kB) |
|
Text
931356115 BAB III.pdf Download (267kB) |
|
Text
931356115 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
931356115 BAB V 1.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
|
Text
931356115 BAB VI.pdf Download (264kB) |
|
Text
931356115 DP.pdf Download (408kB) |
|
Text
931356115 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis semakin pesat, membuat perusahaan dituntut untuk kreatif dalam hal mempromosikan produk maupun jasanya. Para pelaku bisnis berlomba-lomba dengan berbagai cara ataupun strategi untuk mempertahankan serta bersaing dengan usaha lainnya. Oleh karena itu diperlukan strategi terencana agar menarik perhatian dan dapat memenangkan pasar. Salah satu cara yang dilakukan yaitu melakukan promosi menggunakan spam iklan di laman komentar Instagram. Dalam hal ini peneliti bermaksud untuk mengetahui bagaimana promosi produk kosmetik melalui spam iklan di kolom komentar Instagram dan bagaimana peranannya dalam meningkatkan penjualan produk kosmetik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Prosedur pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sumber data yaitu dilakukan pada seluruh responden penelitian yang pernah mengetahui spam iklan produk kosmetik di kolom komentar instagram. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Dalam penelitian ini, promosi produk kosmetik melalui spam iklan di kolom komentar Instagram menimbulkan dampak negatif, diantaranya adalah mengganggu kenyamanan bagi pembaca lain dan pemilik akun Instagram, dan adanya unsur penipuan. Meskipun berdampak pada pembaca yang terganggu, akun Instagram @shop_herbal_fashion tetap malakukan kegiatan promosi di kolom komentar Instagram, dengan ramah melayani dan menjawab pertanyaan calon konsumen serta mengarahkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Spam iklan produk kosmetik di kolom komentar Instagram tidak mengambil peran pemasaran secara efektif, karena tidak tampaknya wujud barang yang ditawarkan, dan hanya berupa tawaran untuk membeli, selain itu juga dipengaruhi oleh harga barang yang terlampau mahal.Sehingga banyak orang yang tidak menaruh minat beli mereka terhadap barang yang ditawarkan. Spam iklan yang dijalankan hanya sebatas untuk memberikan informasi suatu produk dan hanya menimbulkan rasa ingin tahu (desire) calon konsumen terhadap produk yang dipromosikan, serta sedikit yang berakhir pada pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 04:05 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 04:05 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1312 |
Actions (login required)
View Item |