MUKAROMAH, ULFA FITHROTUL (2023) Pengembangan Media Papan Magnet (Magnetic Board) Pada Pembelajaran IPA Materi Jaring-Jaring Makanan Di Kelas V Sdi Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932611519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932611519_bab1.pdf Download (558kB) |
|
Text
932611519_bab2.pdf Download (450kB) |
|
Text
932611519_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text
932611519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932611519_bab5.pdf Download (190kB) |
|
Text
932611519_daftarpustaka.pdf Download (303kB) |
|
Text
932611519_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
932611519_persetujuanpublikasi.pdf Download (201kB) |
Abstract
Ulfa Fithrotul Mukaromah, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafi’an, M.Pd. dan Aulia Rohmawati, M.Pd.I. Pengembangan Media Papan Magnet (Magnetic Board) pada Pembelajaran IPA Materi Jaring-Jaring Makanan di Kelas V SDI Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2023. Kata kunci: Pengembangan Media Papan Magnet, Kelayakan Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar peserta didik. Melihat respon peserta didik dalam memahami materi IPA terlihat pasif dan membosankan sehingga perlu adanya penelitian pengembangan mengenai media pembelajaran. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengembangan media papan magnet pada pembelajaran IPA materi jaring-jaring makanan di Kelas V SDI Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas V SDI Bandarkidul Mojoroto Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Hasil penelitian menunjukkan pada uji coba kelompok kecil mendapat presentase sebesar 92%, sedangkan pada uji coba kelompok besar mendapat presentase sebesar 93%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan media papan magnet layak untuk digunakan peserta didik Kelas V. Kelayakan pada media papan magnet ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis data dari lembar validasi ahli media I mendapatkan presentase kelayakan sebesar 87,5% dan ahli media II mendapatkan presentase kelayakan sebesar 90%, yang artinya media papan magnet tersebut sangat layak untuk digunakan. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media papan magnet ini diketahui dengann adanya perubahan yang signifikan pada uji yang dilakukan, yaitu pretest dan posttest. Hasil uji ini dihitung rata-rata N-Gain score. Pada perhitungan ini mendapatkan hasil sebesar 78% dengan kriteria efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ulfa fithrotul Mukaromah |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:45 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13087 |
Actions (login required)
View Item |