Peran Guru Fiqih Dalam Pendampingan Peserta Didik Masa Aqil Baligh Di MTsN 8 Kediri

Mukminin, Umil (2023) Peran Guru Fiqih Dalam Pendampingan Peserta Didik Masa Aqil Baligh Di MTsN 8 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201004_prabab.pdf

Download (5MB)
[img] Text
20201004_bab1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
20201004_bab2.pdf

Download (312kB)
[img] Text
20201004_bab3.pdf

Download (60kB)
[img] Text
20201004_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
20201004_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
20201004_bab6.pdf

Download (100kB)
[img] Text
20201004_daftarpustaka.pdf

Download (163kB)
[img] Text
20201004_dokumentasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMIL MUKMININ, Dosen Pembimbing Sheila Fakhria, M.H dan Dr. Husnul Khotimah, M.Pd.I, Peran Guru Fiqih dalam Pendampingan Peserta Didik Masa Aqil Baligh di MTsN 8 Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Peran Guru, Fiqih, Aqil Baligh. Aqil baligh merupakan suatu hal yang menandakan saling terkaitnya antara kedewasaan akal (aqil) dan kedewasaan fisik (baligh) seorang individu. Namun, pada masa sekarang ini banyak fenomena dimana banyak diantara remaja yang telah memasuki masa baligh tetapi belum paham betul mengenai kewajiban dan hukum yang sudah menjadi tanggungjawabnya. Oleh karena itu, dengan adanya peran guru dalam mendampingin peserta didik, maka peserta didik yang memasuki aqil baligh bisa mendapatkan pendampingan mengenai perubahan dalam dirinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan peran guru Fiqih dalam pendampingan peserta didik masa aqil baligh di MTsN 8 Kediri, (2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pendampingan peserta didik masa aqil baligh di MTsN 8 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis induktif. Sedangkan proses pengecekan data yang peneliti gunakan yaitu dengan triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) Peran yang dijalankan guru Fiqih dalam pendampingan peserta didik masa aqil baligh di MTsN 8 Kediri yaitu; Pertama, sebagai pedidik dan pengajar yang dilakukan oleh yaitu mengajarkan pelajaran Fiqih sesuai dengan materi dan menambahkan materi mengenai aqil baligh, mengajak peserta didik untuk mempraktikkan wudlu, tayamum, dan shalat, serta menyiapkan bahan bacaan mengenai materi Fiqih melalui majalah LENSA. Kedua, sebagai pembimbing yang dilakukan guru yaitu memantau bagaimana peserta didik dalam menjalankan shalat fardlu, dan melatih peserta didik dalam pembiasaan shalat dhuha dan dhuhur berjamaah. Ketiga, sebagai teladan yang dilakukan guru yaitu memberikan contoh mengenai konsistensi shalat berjamaah. Keempat, sebagai sebagai fasilitator dan sumber belajar yang dilakukan guru yaitu bersedia kapanpun ditemui untuk membahas mengenai masalah baligh dan mempersilahkan peserta didik untuk bertanya apa saja pengetahuan yang ingin mereka ketahui. (2) Faktor yang menjadi penghambat dari pendampingan peserta didik yaitu terbatasnya waktu pendampingan serta lingkungan tempat tinggal peserta didik, sedangkan faktor pendukungnya yaitu kesadaran dari guru mengenai pentingnya pendampingan kepada peserta didik dalam masa baligh, adanya kerja sama antara guru Fiqih dan tim keagamaan, serta sarana prasarana dan fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umil Mukminin
Date Deposited: 28 May 2024 07:12
Last Modified: 28 May 2024 07:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item