ARFIANI, RISKI (2023) Hubungan Passion Dengan Profesionalisme Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933410516_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933410516_bab1.pdf Download (688kB) |
|
Text
933410516_bab2.pdf Download (544kB) |
|
Text
933410516_bab3.pdf Download (563kB) |
|
Text
933410516_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
Text
933410516_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
|
Text
933410516_bab6.pdf Download (315kB) |
|
Text
933410516_daftarpustaka.pdf Download (431kB) |
|
Text
933410516_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ARFIANI, RISKI, HUBUNGAN PASSION DENGAN PROFESIONALISME PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Imron Muzakki,M.Psi, Psikolog dan (2) Luthfi Atmasari,M.Psi, Psikolog Kata Kunci: Passion, Profesionalisme, Guru Taman Kanak-kanak Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah. Seorang guru taman kanak-kanak digambarkan sebagai seseorang yang memiliki jiwa mendidik, melatih, membimbing dan mengembangkan kurikulum yang dapat menciptakan kondisi dan suasana belajar yang kondusif yaitu pembelajaran yang menyenangkan, menarik, memberi rasa aman, memberikan kesempatan pada anak untuk berfikir aktif, kreatif, inovatif serta mengekplorasi dan mengkolaborasi kemampuannya.untuk menjalankan tugas itu semua, seorang guru taman kanak-kanak harus bersikap profesionalisme sebagai bentuk komitmen terhadap profesi yang sedang dijalankannya. Salah satu faktor pendorong komitmen terhadap profesinya adalah adanya passion. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat passion dan profesionalisme pada guru taman kanak-kanak di kecamatan Pesantren kota Kediri dan untuk mengetahui apakah passion memiliki hubungan dengan profesionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah populasi 162 orang dan mendapat sampel 115 orang. Instrumen yang digunakan adalah skala passion yang berdasarkan pada teori passion yang diungkapkan oleh Vallerand dan skala profesionalisme yang diungkapkan oleh Cooper. Penyebaran instrumen dilakukan secara online, yaitu melalui link google form. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa Tingkat passion yang dimiliki oleh guru taman kanak-kanak kecamatan Pesantren kota Kediri berada pada kategori sedang. Tingkat profesionalisme guru taman kanak-kanak kecamatan Pesantren kota Kediri berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi adalah 0,071>0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima. Yang artinya Tidak ada hubungan yang signifikan antara passion dan profesionalisme pada guru taman kanak kanak. Dan berdasarkan nilai r hitung (Person Correlation) yaitu 0,181 maka kriteria hubungan antara passion dengan profesionalisme dikatakan sangat rendah. Pada penelitian ini juga menghasilkan bahwa terdapat passion yang berhubungan dengan profesionalisme yaitu harmonious passion dengan nilai signifikan <0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Riski Arfiani |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:14 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12958 |
Actions (login required)
View Item |