Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Dalam Sosialisasi Program Kerja

Khoiriah, Binti Mufidatul (2024) Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Dalam Sosialisasi Program Kerja. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933504919_prabab.pdf

Download (885kB)
[img] Text
933504919_bab1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
933504919_bab2.pdf

Download (478kB)
[img] Text
933504919_bab3.pdf

Download (400kB)
[img] Text
933504919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933504919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text
933504919_bab6.pdf

Download (189kB)
[img] Text
933504919_daftar_pustaka.pdf

Download (407kB)

Abstract

ABSTRAK Binti Mufidatul Khoiriah, Dosen Pembimbing Dr. Ropingi, M. Pd, dan Ridho Afifuddin, MA, Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dalam Sosialisasi Program Kerja, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Sosialisasi, Program Kerja, Public Relations. Komunikasi ialah cara untuk menerima dan menyampaikan informasi. Menyebarluaskan informasi publik kepada khalayak menjadi hal yang kontinyuitas dilakukan. Konsep pelayanan prima menjadi bekal pelayan publik ketika menjalankan tugas dan fungsinya. Teori public relations yang dikemukakan oleh Frank Jefkins menjadi indicator penyebaran informasi dimana penerapannya kompleksitas dari produk komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kediri dalam sosialisasi program kerja, faktor pendukung dan penghambatnya, serta efektifitasnya yang kemudian dielaborasi berdasarkan kenyataan lapangan. Penelitian kualitatif deskriptif ini dengan informan yang berasal dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kediri, pelaku, pegiat, penikmat, warga, serta perantau dengan spesifikasi tertentu, dokumentasi, dan media social. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kesimpulan Strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kediri dalam sosialisasi program kerja dengan teori public relations yang dikemukakan oleh Frank Jefkins. Melakukan publikasi di berbagai platform. Acara terbesar dan tersukses pariwisata dan kebudayaan turut diselenggarakan seperti Festival Panji Nasional tahun 2017 yang juga disebarluaskan melalui produk jurnalistik. Mengadakan kontak sosial dengan berbagai pihak. Menggunakan citra SYANTIK (Senyum, Yakin, Andal, Nyaman, Tarif free, Inovatif dan Kerja tuntas) sebagai branding image. Lobbying and negotiation juga diterapkan. Tanggungjawab sosial berusaha dilakukan semaksimal mungkin untuk tidak mengecewakan dan terus meningkatkan kualitas guna kepuasan penerima jasa. Kesadaran merek yang digunakan adalah Tagline Destinasi (Destination Branding) Kabupaten Kediri yakni “Kediri Berbudaya” mengikuti pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri. Kemudian faktor pendukungnya adalah banyaknya jenis seni budaya, organisasi seni / seniman, sejarah, nilai tradisi dan objek wisata di Kabupaten Kediri yang potensial. Adanya kreatifitas, inovasi, dan motivasi yang senantiasa dikembangkan. Selanjutnya didukung pula dengan adanya kebijakan Pemerintah Daerah sebagai stakeholders. Adapun faktor penghambatnya yaitu kualifikasi pendidikan pengelola tidak sesuai bidangnya, masih terbatasnya sarana-prasarana, belum adanya gedung/wadah khusus pengelolaan dan inventarisir yang representatif, termasuk juga keterbatasan jaringan pemasaran. Kemudian efektifitas strategi yang dilakukan adalah dengan 3 cara yakni melalui media (massa dan elektronik), menjalin kerjasama dengan komunitas, dan melalui berbagai event yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Binti Mufidatul Khoiriah
Date Deposited: 21 May 2024 07:52
Last Modified: 21 May 2024 07:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item