Efektivitas Pengembangan Media Komika Materi Bangun Ruang Kelas V Di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri

Fahiyana, Ain (2023) Efektivitas Pengembangan Media Komika Materi Bangun Ruang Kelas V Di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605019_Prabab.pdf

Download (481kB)
[img] Text
932605019_bab1.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932605019_bab2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932605019_bab3.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932605019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932605019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text
932605019_bab6.pdf

Download (50kB)
[img] Text
932605019_daftarpustaka.pdf

Download (117kB)
[img] Text
932605019_sp.pdf

Download (78kB)

Abstract

Ain Fahiyana, 2023. Dosen Pembimbing Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I dan Ibu Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I., M.Pd. Efektivitas Pengembangan Media Komika Materi Bangun Ruang Kelas V Di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci : Pengembangan, Media Komik Matematika, Minat Belajar Siswa. Karakteristik pembelajaran matematika yang bersifat abstrak sementara ini menjadi faktor penyulit bagi siswa yang akan mempelajarinya. Sedangkan, siswa pada tingkat sekolah dasar memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap gambar visual dan cerita. Adanya pengembangan media komik diharapkan akan mempermudah proses pembelajaran dan menarik minat siswa, khususnya dalam merealisasikan konsep pembelajaran matematika yang bersifat abstrak. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan data berupa rendahnya minat siswa dalam proses pembelajaran matematika dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami konsep materi bangun ruang. Tujuan peneliti mengembangkan media komika ini yaitu: 1) Mengembangkan media komika materi bangun ruang kelas V di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri; 2) Mengetahui kelayakan media komika materi bangun ruang kelas V di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri; dan 3) Mengetahui efektivitas pengembangan media komika materi bangun ruang kelas V di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Lee and Owens yang terdiri dari: Assesment and Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B di SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media komika pada penelitian ini melalui proses atau tahap-tahap penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Lee dan Owens. Tahap-tahap tersebut antara lain, 1) Penilaian dan Analisis Kebutuhan (Assesment and Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation); (2) Kelayakan media komika memenuhi kriteria valid dengan hasil kelayakan oleh uji ahli materi diperoleh skor sebesar 93%, ahli media diperoleh skor 91%, ahli bahasa 82%, uji coba kelompok kecil diperoleh skor sebesar 73% memenuhi kriteria cukup valid; dan (3) Efektivitas media komika dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar, respon siswa pada angket minat belajar serta respon pengamat. Media komika dinilai efektif ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa sebesar 0,8 dengan kategori peningkatan tinggi. Respon siswa terhadap produk sangat baik, dibuktikan melalui hasil angket minat belajar siswa diperoleh skor sebesar 83% memenuhi kriteria sangat efektif. Respon pengamat terhadap media sangat baik, hal ini ditandai dengan hasil penilaian produk oleh pendidik memenuhi kriteria valid dengan hasil skor 96%. Sehingga, media komika efektif dan dapat digunakan pada proses pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING (Studi Seni Kreatif dan Menulis) > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ain Fahiyana
Date Deposited: 17 May 2024 03:05
Last Modified: 17 May 2024 03:05
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12833

Actions (login required)

View Item View Item