Yudhayani, Sahreni (2024) Strategi Public Relations Forum Kampung Bahasa Dalam Membangun Citra Kampung Inggris Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933507819_PRABAB.pdf Download (668kB) |
|
Text
933507819_BAB1.pdf Download (258kB) |
|
Text
933507819_BAB2.pdf Download (334kB) |
|
Text
933507819_BAB3.pdf Download (131kB) |
|
Text
933507819_BAB4.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
933507819_BAB5.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
933507819_BAB6.pdf Download (10kB) |
|
Text
933507819_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
933507819_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
|
Text
933507819_LEMBARPERSETUJUANPUBLIKASI.pdf Download (175kB) |
Abstract
SAHRENI YUDHAYANI, Dosen Pembimbing Dr. M. Qomarul Huda, M.Fil.I dan Dr. Taufik Alamin, M.Si, Strategi Public Relations Forum Kampung Bahasa dalam Membangun Citra Kampung Inggris Pare, Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Strategi Public Relations, Forum Kampung Bahasa, Citra Kampung Inggris Pare adalah kawasan yang menyediakan berbagai Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Asing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Pertumbuhan jumlah lembaga bahasa Inggris dan para pendatang dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Dibalik pertumbuhan lembaga yang semakin meningkat, persoalan mengenai dinamika Kampung Inggris pun juga meningkat. Untuk menciptakan citra yang baik maka diperlukan sistem pengelolaan yang menjembatani antara pihak terkait (stakeholder). Peran public relations dalam membangun citra sangat dibutuhkan, oleh karenanya strategi dalam membentuk citra positif harus direncanakan secara tepat sasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, adanya pergeseran strategi dalam membangun citra yang semula menggunakan cara yang tradisional yaitu melalui Brosur,rekomendasi Alumni, dan menggunakan media lama bergeser menjadi strategi yang dilakukan oleh Public Relations Forum Kampung Bahasa menggunakan media baru dan melakukan strategi sesuai dengan teori public relations Thomas L. Harris yaitu dengan menerapkan strategi : 1) Publication melalui media sosial dan website. 2) Event, melaksanakan dua event yaitu Jambore Kampung Inggris dan Kampung Inggris Mengajar, News, menciptakan berita melalui kegiatan yang dilakukan pada Kampung Inggris Pare. 3) Community Involment Activities,membina hubungan baik dengan komunitas. 4) Inform To Image, menginformasikan citra baik Kampung Inggris melalui kegiatan dan kerjasama. 5) Lobbying and Negotiations melakukan lobby dan negosiasi dengan para stakeholder yang terlibat dalam membangun citra Kampung Inggris Pare, Sosial Responbility melakukan kegiatan sosial dan menggunakan teori Corporate Sosial Responbility (CSR) untuk pembangunan berkelanjutan Kampung Inggris Pare. Dengan strategi public relations tersebut memberikan dampak positif dalm membangun citra Kampung Inggris Pare yaitu dengan semakin dikenalnya Kampung Inggris Pare sebagai desa Edukasi dan mendapatkan penghargaan Rekor MURI. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh public relations Kampung Inggris Pare adalah lebih mengoptimasi dalam melakukan program Corporate Sosial Responbility.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | SAHRENI YUDHAYANI |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:01 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12831 |
Actions (login required)
View Item |