Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Anggota Pada Produk Pembiayaan Ijarah Di KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang

UTAMA, RIZKI SANDI YUDHA (2023) Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Anggota Pada Produk Pembiayaan Ijarah Di KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931425018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931425018_bab1.pdf

Download (344kB)
[img] Text
931425018_bab2.pdf

Download (544kB)
[img] Text
931425018_bab3.pdf

Download (430kB)
[img] Text
931425018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
931425018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
931425018_bab6.pdf

Download (176kB)
[img] Text
931425018_daftarpustaka.pdf

Download (410kB)
[img] Text
931425018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)

Abstract

ABSTRAK Rizki Sandi Yudha Utama, Dosen pembimbing Amrul Mutaqin, MEI dan Arif Zunaidi, S.H.I, M.E.I: Peran Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Anggota Pada Produk Pembiayaan Ijarah Di KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang, Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN KEDIRI, 2023. Kata kunci: Peran Strategi Pemasaran, Meningkatkan Minat, Produk Pembiayaan Ijarah. Strategi pemasaran adalah pengembangan suatu proses untuk mencapai tujuan pemasaran yang dilaksanakan oleh suatu lembaga atau perusahaan guna mempengaruhi minat atau mendapatkan perhatian dari calon anggota terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh lembaga atau perusahaan tersebut untuk digunakan lebih lanjut oleh suatu lembaga atau perusahaan, dengan ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan minat anggota. Hal serupa juga dilakukan di KSPPS BMT Rizqona Ikabu. Penerapan strategi Bauran pemasaran 7P yang diterapkan oleh KSPPS BMT Rizgona Ikabu dengan menerapkan bauran pemasaran untuk meningkatkan minat calon anggota dan efektivitas dalam mencapai tujuan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan peran strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota terhadap produk pembiayaan Ijarah Di KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan mengidentifikasi permasalahan yang membutuhkan penjelasan yang mendalam, sehingga perlu dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai cara untuk mendapatkan data yang valid. Dalam penelitian ini observasi dan wawancara dilakukan pada karyawan dan anggota KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang telah menerapkan strategi marketing mix 7P dalam meningkatkan minat produk pembiayaan ijarah dengan baik dan efektif, juga memperkenalkan produk dan jasa yang disediakan pada KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang. Untuk menarik dalam meningatkan minat calon anggota, karyawan menjelaskan fasilitas dan juga kemudahan-kemudahan dari produk pembiayaan ijarah maupun produk dan jasa yang ada pada KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang. Peran strategi pemasaran yang telah dijalankan dalam upaya meningkatkan minat calon anggota dengan sosialisasi ke lembaga-lembaga atau instansi disekitar lokasi lembaga, menjelaskan proses, prosedur hingga produk dan jasa, sehingga dapat menjadi peningkatan jumlah anggota pada KSPPS BMT Rizqona Ikabu karena penerapan strategi marketing mix 7P yang baik. Dari peran tersebut yang dapat memberikan daya tarik masyarakat untuk menjadi anggota dari KSPPS BMT Rizqona Ikabu Tambakberas Jombang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: RIZKI SANDI YUDHA UTAMA
Date Deposited: 14 May 2024 08:49
Last Modified: 14 May 2024 08:49
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12764

Actions (login required)

View Item View Item