Kultivasi Budaya K-Pop (Studi Analisis Kultivasi Terhadap Gaya Hidup Kpopers Pada Komunitas Army Kediri)

APRILIA, VIRA DESRIYANTI (2023) Kultivasi Budaya K-Pop (Studi Analisis Kultivasi Terhadap Gaya Hidup Kpopers Pada Komunitas Army Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933511719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933511719_bab1.pdf

Download (456kB)
[img] Text
933511719_bab2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
933511719_bab3.pdf

Download (223kB)
[img] Text
933511719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
933511719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
933511719_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
933511719_daftarpustaka.pdf

Download (213kB)
[img] Text
933511719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK VIRA DESRIYANTI APRILIA, Dosen Pembimbing Dr. Mohammad Arif, M.A dan Lukman Hakim, S.I.Kom, M.Sos, Kultivasi Budaya K-Pop (Studi Analisis Kultivasi Terhadap Gaya Hidup KPopers Pada Komunitas Army Kediri), Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Kultivasi, Budaya K-Pop, KPopers, Gaya Hidup. Karena serbuan budaya K-Pop di Indonesia, banyak remaja yang lebih memilih budaya asing dibandingkan budaya sendiri. Bagi banyak orang, K-Pop tidak lebih dari sekedar genre musik; namun K-Pop itu juga merupakan fenomena budaya. Hal ini mengakibatkan produksi struktur baru sebagai akibat dari penayangan K-Pop yang berlebihan. Ada dua jenis penonton dalam teori kultivasi: light viewer dan heavy viewer. Ketika seseorang merupakan heavy viewer, khususnya K-Pop, mereka lebih memilih untuk meniru gaya hidup para idolanya. Mereka berpakaian, merias wajah, makan makanan Korea, dan bahkan berbicara bahasa Korea. Faktor-faktor inilah yang mendorong penulis untuk meneliti bagaimana gaya hidup Korea para penggemar K-Pop yang terkultivasi. Menurut teori kultivasi ada dua prosesnya yakni mainstreaming dan resonansi. Fokus penelitian adalah kultivasi budaya K-Pop yang dilakukan anggota komunitas ARMY Kediri terhadap gaya hidup mereka sebagai penggemar K-Pop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil wawancara dengan teknik wawancara mendalam yang kemudian hasil wawancara tersebut dituangkan dalam bentuk transkrip. Dalam menganalisis data menggunakan beberapa tahap yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa K-Pop, seperti halnya girlband dan Boyband idolanya, telah mentransformasikan realitas yang dimiliki KPopers menjadi realitas yang ditunjukkan oleh K-Pop melalui proses kultivasi yang terjadi 2 faktor yaitu mainstreaming dan resonansi. Anggota ARMY Kediri yang merupakan KPopers mempunyai gaya hidup yang terpengaruh K-Pop. Peneliti menemukan berbagai contoh gaya hidup yang mirip dengan gaya hidup orang Korea. Meniru gaya berpakaian idolanya, membeli barang-barang kecantikan dan merchandise yang juga digunakan idolanya, lebih menyukai makanan Korea, menggunakan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki keinginan kuat untuk berpergian langsung ke negara asal K-pop yaitu Korea. Selain itu, anggota ARMY Kediri yang sering berinteraksi di media sosial, mereka semakin aktif mengutarakan pandangannya terhadap K-pop yakni dengan mengomentari karyanya dan takjub dengan visual idolanya. Fenomena fan war yang dilakukan oleh beberapa informan penelitian yang merupakan penggemar K-Pop adalah salah satu contohnya. Selain itu, pendapat mereka diungkapkan melalui komentar yang ditulis di akun resmi idolanya dalam berbagai bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vira Desriyanti Aprilia
Date Deposited: 14 May 2024 07:48
Last Modified: 14 May 2024 07:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12761

Actions (login required)

View Item View Item