Rhahmawati, Wulan (2023) Penerapan Program Pembelajaran Individual (PPI) Pada Anak Cerebral Palsy Di SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933416519_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933416519_bab1.pdf Download (452kB) |
|
Text
933416519_bab2.pdf Download (468kB) |
|
Text
933416519_bab3.pdf Download (224kB) |
|
Text
933416519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) |
|
Text
933416519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
933416519_bab6.pdf Download (196kB) |
|
Text
933416519_daftarpustaka.pdf Download (416kB) |
Abstract
Program Pembelajaran Individual merupakan program yang dirancang bagi siswa berkebutuhan khusus yang didasarkan pada kebutuhan, kelemahan, dan kemampuan siswa dalam pembelajaran. Program Pembelajaran Individual pada anak cerebral palsy diterapkan untuk membantu mengoptimalkan pembelajaran siswa dengan menyesuaikan kebutuhan dan kelemahan. Program Pembelajaran Individual memiliki beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Penelitian berlokasikan di SDN Bandar Kidul 2 Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan Program Pembelajaran Individual pada anak cerebral palsy, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan Program Pembelajaran Individual pada anak cerebral palsy. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Sedangkan pada pengecekan data dengan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi. Penelitian ini memiliki dua subjek penelitian, yaitu HN dan IS. Kedua subjek pada penelitian merupakan seorang guru pendamping khusus dari anak cerebral palsy, yang menerapkan Program Pembelajaran Individual kepada anak cerebral palsy di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, tahap perencanaan, dilaksanakannya asesmen terlebih dahulu untuk mengetahui kecerdasan, kelemahaman, dan kebutuhannya. Anak cerebral palsy tergolong pada Retardasi Mental Ringan. Kedua, tahap pelaksanaan, subjek memberikan metode dan media yang sederhana yang dapat membantu anak cerebral palsy memahami pelajaran. Ketiga, tahap evaluasi, subjek mengevaluasi anak cerebral palsy dengan memberikan soal-soal yang sudah diajarkan, baik secara lisan maupun tertulis. Sedangkan pada faktor pendukung dalam menerapkan Program Pembelajaran Individual adalah adanya dukungan dari orang tua, para guru, dan lingkungan masyarakat sekolah, dan bantuan terapis dalam menangani anak cerebral palsy, serta adanya sarana prasarana sekolah yang memadai. Kemudian faktor penghambatnya adalah keterampilan dan kemampuan guru yang kurang pandai dan kurang variatif dalam memberikan pembelajaran, kurangnya para guru dalam mengikuti pelatihan dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus, serta pengetahuan guru yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Wulan Rhahmawati |
Date Deposited: | 13 May 2024 06:50 |
Last Modified: | 13 May 2024 06:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12703 |
Actions (login required)
View Item |