" تعليم القواعد بطريقة "تمييز"(دراسة تحليلية عن تطبيق كتاب تمييز في مؤسسة دورة اللغة العربية الأزهر بباري)

Nafi’ah, Nia Khurfatun (2020) " تعليم القواعد بطريقة "تمييز"(دراسة تحليلية عن تطبيق كتاب تمييز في مؤسسة دورة اللغة العربية الأزهر بباري). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932506114 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
الباب الأول932506114.pdf

Download (1MB)
[img] Text
الباب الثاني.pdf

Download (1MB)
[img] Text
الباب الثالث.pdf

Download (1MB)
[img] Text
الباب الرابع.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
الباب الخامس.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
الباب السادس.pdf

Download (560kB)

Abstract

Dalam pembelajaran semua bahasa, termasuk bahasa Arab terdapat empat aspek yang harus terpenuhi diantaranya adalah keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan keterampilan menulis. Kosakata adalah sebagai penunjang empat aspek tersebut, akan tetapi setelah menggunakan beberapa metode pembelajaran yang digunakan ketika pembelajaran berlangsung siswa masih kesulitan dalam menguasai kosakata. Dengan adanya masalah tersebut maka harus ada inisiatif guru supaya kosakata terkuasai oleh siswa, diantaranya dengan menggunakan teknik Permainan “Siapakah Aku” . Permainan ini adalah permainan yang mendeskripsikan benda .Jenis penelitian ini yaitu penelitian experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Kediri sedangkan sampelnya yaitu X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X 4 MIA sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes. Analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus ANCOVA melalui perhitungan SPSS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan permainan “siapakah aku” untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas X MAN 2 Kediri Tahun Ajaran 2017-2018? Dan sejauh mana efektivitas penggunaan permainan “siapakah aku” untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas X MAN 2 Kediri Tahun Ajaran 2017-2018?. Dari analisis data dalam penelitian ini diperoleh p (0,000) < α (0,05). Diketahui bahwa p lebih kecil dari α. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat efektivitas penggunaan permainan “Siapakah Aku” untuk meningkatkan penguasaan mufrodat siswa kelas X MAN 2 Kediri Tahun Ajaran 2017-2018. Artinya bahwa Ha (Alternative Hypotesis) diterima dan Ho (Null Hypotesis) ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 21 Jul 2020 05:07
Last Modified: 21 Jul 2020 05:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item View Item