Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Pasca Pandemi (Studi UMKM Di Kampung Jamu Kota Kediri)

Rico, Mohammad (2024) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Pasca Pandemi (Studi UMKM Di Kampung Jamu Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934128619_PRABAB.pdf

Download (242kB)
[img] Text
934128619_BAB1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
934128619_BAB2.pdf

Download (201kB)
[img] Text
934128619_BAB3.pdf

Download (68kB)
[img] Text
934128619_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
934128619_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
934128619_BAB6.pdf

Download (40kB)
[img] Text
934128619_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
934128619_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (101kB)

Abstract

Strategi promosi adalah cara untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen yang bertujuan untuk memperoleh laba yang ingin dicapai dan menjadi kunci utama keberhasilan dari sebuah perusahaan. Strategi promosi dilakukan agar meningkatkan pendapatan atau orientasi pada keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan kenaikan atau penurunan pendapatan UMKM di Kampung Jamu Kota Kediri Pasca Pandemi. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi promosi dalam meningkatkan pendapatan UMKM di Kampung Jamu Kota Kediri Pasca Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer yang dihasilkan dari wawancara dengan sembilan informan dan data sekunder didapatkan dari dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Jamu di Kampung Jamu mengalami fluktuasi dengan penurunan pendapatan. Maka dari itu agar dapat meningkatkan pendapatan pasca pandemi dibutuhkan strategi promosi. Strategi promosi yang dilakukan UMKM Jamu antara lain : 1) Periklanan yang dilakukan oleh UMKM Jamu yaitu secara online dan offline. Periklanan secara offline yaitu dengan menyediakan stiker pada setiap produk yang telah dibeli oleh konsumen. Sedangkan periklanan secara online yaitu melalui media sosial. 2) Promosi penjualan yang dilakukan yaitu harga yang lebih murah dalam pembelian banyak atau potongan harga, gratis ongkir untuk wilayah Kota Kediri. 3) Hubungan masyarakat yang terjadi di UMKM Jamu ada dua macam yaitu dari pihak lingkungan Kampung Jamu dan dari pihak luar lingkungan Kampung Jamu. Hubungan masyarakat dari pihak lingkungan Kampung Jamu merupakan Hubungan masyarakat yang melibatkan semua penjual jamu misalnya mengadakan acara Jamruter (Jamu, Rujak dan Es Puter). Kemudian Hubungan masyarakat dari luar lingkungan Kampung Jamu tersebut merupakan Hubungan masyarakat yang tidak melibatkan anggota penjual jamu seperti media massa bertujuan untuk mempromosikan suatu brand atau produk dengan cara mendapatkan perhatian dan pengakuan positif dari publik. 4).Pemasaran langsung yang dilakukan oleh UMKM Jamu ada dua cara yaitu, yang pertama cara melayani penjualan yang dilakukan dengan melayani konsumen yang berkunjung ke rumah. Kemudian yang kedua dengan cara penjualan lapangan yaitu penjualan yang dilakukan di luar lingkungan Kampung Jamu

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MOHAMMAD RICO RAKHMAN HAKIM
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:45
Last Modified: 27 Aug 2024 03:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item