Peran Strategi Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD. LM Bakery Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri)

Susanti, Amalila (2024) Peran Strategi Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD. LM Bakery Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934121319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934121319_bab1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
934121319_bab2.pdf

Download (375kB)
[img] Text
934121319_bab3.pdf

Download (235kB)
[img] Text
934121319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[img] Text
934121319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
934121319_bab6.pdf

Download (193kB)
[img] Text
934121319_daftarpustaka.pdf

Download (294kB)
[img] Text
934121319_suratpernyataan.pdf

Download (183kB)

Abstract

Amalila Susanti. Dosen Pembimbing I Dr. Hj. Naning Fatmawatie, S.E, M.M. dan Dosen Pembimbing II Suprihantosa Sugiarto, S.EI, MH.: Peran Strategi Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada UD. LM Bakery Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri). Skripsi, Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. 2024. Kata Kunci : Inovasi Produk, Penjualan, Bakery Inovasi produk menjadi suatu upaya pembaruan dan pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyempurnakan produknya agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang selalu berubah dari waktu ke waktu. Inovasi produk yang dilakukan secara terarah dengan menerapkan strategi yang tepat dapat membantu perusahaan dalam memperluas pangsa pasar dan mencapai pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran strategi inovasi produk dalam meningkatkan penjualan pada UD. LM Bakery. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder, sedangkan metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan teknis analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi inovasi produk yang dilakukan oleh UD. LM Bakery terdiri dari meningkatkan kualitas produk, memberagamkan varian produk, serta mengembangkan gaya dan desain produk yang meliputi bentuk, desain dan ukuran produk, serta kemasan. 2) Penjualan yang dilakukan UD. LM Bakery melalui dua sistem penjualan yaitu penjualan secara langsung dan tidak langsung. 3) Inovasi produk juga ditunjukkan oleh UD. LM Bakery dengan menciptakan produk baru tanpa menghilangkan produk lama, mengembangkan produk roti yang telah ada sehingga menjadi produk baru, dan melakukan perbaikan terhadap produk yang telah ada. Pada periode 2020 UD. LM Bakery mulai melakukan inovasi produk dan penjualan menunjukkan penurunan sebesar -37% karena dampak awal pandemi Covid-19, lalu pada periode 2021 dimana merupakan puncak pandemi Covid-19, dengan inovasi produk yang berkelanjutan penjualan UD. LM Bakery menunjukkan peningkatan senilai 121% dan pada periode 2022 dimana kondisi pandemi sudah mereda penjualan menunjukkan peningkatan senilai 46% dan tercatat sebagai penjualan tertinggi selama UD. LM Bakery beroperasional sehingga penerapan inovasi produk yang telah dilakukan oleh UD. LM Bakery dapat dinilai berperan dalam meningkatkan penjualannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: AMALILA SUSANTI
Date Deposited: 08 May 2024 06:16
Last Modified: 08 May 2024 06:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12644

Actions (login required)

View Item View Item