Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Penjualan di Aqiqah Nurul Hayat Kediri

Arsya, Anira Syahadati (2024) Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Penjualan di Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934130019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934130019_bab1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
934130019_bab2.pdf

Download (475kB)
[img] Text
934130019_bab3.pdf

Download (217kB)
[img] Text
934130019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
934130019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
934130019_bab6.pdf

Download (304kB)
[img] Text
934130019_daftarpustaka.pdf

Download (312kB)
[img] Text
934130019_suratpernyataan.pdf

Download (182kB)

Abstract

ANIRA SYAHADATI ARSYA, 2023. Dosen Pembimbing Dr. H. Imam Annas Mushlihin, M. HI. dan Mundhori, M. E. : Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Meningkatkan Penjualan di Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri tahun 2023. Bisnis merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia untuk memperoleh pendapatan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, perkembangan perekonomian yang semakin besar menyebabkan persaingan bisnis semakin ketat dan banyak pelaku bisnis yang mengabaikan norma-norma berbisnis sehingga menimbulkan kedzaliman. Oleh karena itu, untuk menciptakan bisnis yang ideal sangat perlu bagi setiap pelaku bisnis memahami pentingnya penerapan etika bisnis Islam yang terdiri atas prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam di Aqiqah Nurul Hayat Kediri? (2) Bagaimana implementasi etika bisnis Islam dalam meningkatkan penjualan di Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini terbagi dalam data primer dan sekunder, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam metode pengumpulan datanya. Analisis data ditempuh melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data ditempuh melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu (1) Implementasi etika bisnis Islam yang dilakukan oleh Aqiqah Nurul Hayat Kediri tercermin dalam setiap aktivitas bisnisnya yang menganjurkan karyawanan untuk ibadah berjamaah (prinsip kesatuan), proses produksi dan pengiriman yang amanah (prinsip keseimbangan), persaingan bisnis yang sehat (prinsip kehendak bebas), menjalankan kewajiban masing-masing karyawan dan menyelesaikan pengaduan (prinsip tanggung jawab), serta memberikan pelayanan terbaik (prinsip kebajikan). (2) Implementasi etika bisnis Islam yang dilaksanakan perusahaan berfungsi sebagai pengendali terhadap setiap aspek bisnis yang dijalankan sehingga perusahaan mampu memberikan kualitas produk yang baik, memahami selera konsumen, memberikan pelayanan prima, serta menetapkan harga bersaing, yang mana akan membentuk citra positif perusahaan dan menciptakan konsumen yang puas dan setia. Konsumen yang puas dan setia akan berdampak positif bagi peningkatan penjualan di Aqiqah Nurul Hayat Kediri. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Penjualan, Aqiqah

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Anira Syahadati Arsya
Date Deposited: 08 May 2024 06:15
Last Modified: 08 May 2024 06:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12642

Actions (login required)

View Item View Item