Implementasi Penilaian Autentik pada Aspek Keterampilan Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Purwoasri Tahun 2017/2018

Syifa, M. Wildan Syaichus (2019) Implementasi Penilaian Autentik pada Aspek Keterampilan Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Purwoasri Tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
cofer skipsi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
prabab.pdf

Download (180kB)
[img] Text
13.pdf

Download (321kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (223kB)
[img] Text
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan standar penilaian pada kurikulum 2013, penilaian aspek keterampilan menjadi satu komponen penilaian yang penting dan harus dilakukan oleh pendidik (guru). Walaupun menjadi salah satu komponen penilaian, namun hasil pengamatan pendahuluan di SMAN 1 Purwoasri masih banyak masalah yang ditemui oleh pendidikan dalam melaksanakan penilaian aspek keterampilan, salah satunya adalah penyusunan dan pelaksanaan instrumen penilaian yang masih sulit dilaksanakan oleh pendidik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penyusunan istrumen penilaian autentik aspek keterampilan pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMAN 1 Purwoasri? (2) Bagaimana pengolahan penilaian autentik aspek keterampilan pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMAN 1 Purwoasri? (3) Bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dan budi pekerti dalam mengatasi masalah implementasi penilaian autentik aspek keterampilan? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Sedangkan analisa data menggunakan tehnik diskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini (1) Penyusunan istrumen penilaian autentik aspek keterampilan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Purwoasri adalah Guru PAI dan BP menyusun instrumen yang dikembangkan dengan mengacu pada Kompetensi Inti 3 dan 4, guru PAI dan BP menentukan keterampilan yang dikembangkan kedalam RPP. (2) Pengolahan Penilaian autentik aspek keterampilan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 1 Purwoasri adalah: Guru PAI dan BP melakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui kemajuan dan kesulitan belajar melalui rubrik yang telah disusun. Hasil penilaian dikembalikan kepada peserta didik disertai balikan (feedback) berupa komentar yang mendidik (penguatan). (3) Upaya yang dilakukan guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengatasi problem dalam melaksanakan penilaian aspek keterampilan adalah dalam hal mengatasi guru yang masih belum faham terkait instrumen, diadakanya MGMP lingkup sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problem waktu yaitu guru melaksanakan penilaian keterampilan di luar waktu jam pelajaran (kegiatan ekstra kurikuler)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 May 2024 03:58
Last Modified: 08 May 2024 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item