Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAN 2 Kabupaten Kediri

TAQIYUDDIN, MOH. ARIF (2019) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di MAN 2 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. Sampul & Pendahuluan.pdf

Download (307kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan pendidikan pada lembaga pendidikan, yaitu kepala madrasah, penting sekali bagi peningkatan kualitas pendidikan. Karena lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemimpin yang mengerti komitmen serta berwawasan luas, atas berjalan dengan tertib dan dinamis sesuai dengan kemajuan zaman. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui 1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 2 Kabupaten Kediri pada bidang sarana dan prasarana, 2) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 2 Kabupaten Kediri pada bidang pendidik, 3) bagaimana hasil kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala madrasah bidang hubungan masyarakat, dan wakil kepala madrasah bidang kesiswaan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala madrasah dalam bidang sarana dan prasarana dijalankan dengan penuh tanggung jawab, yakni bekerjasama dengan kontraktor untuk merawat, merenovasi serta membangun sarana dan prasarana di madrasah, selain itu juga bekerjasama dengan orang tua peserta didik untuk memaksimalkan sarana dan prasarana di madrasah. 2) kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas guru dilakukan dengan memotivasi pendidik untuk melanjutkan kependidikan yang lebih tinggi semakin tinggi pendidikan guru maka akan semakin professional dalam mendidik, selain itu juga mengadakan agenda-agenda seperti workshop, seminar, diklat, penataran dan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik. 3) hasil kepemimpinan kepala madrasah yaitu: mengadakan fullday school, membangun gedung bertingkat, pengadaan komputer UNBK, mengadakan studi banding, menambah mata pelajaran khusus, mengadakan ekstrakurikuler, pengembangan peserta didik dan memberikan penghargaan kepada peserta didik, guru serta staf yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 May 2024 03:09
Last Modified: 08 May 2024 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item