Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM (Studi Pada Sibien Cemeti Di Krajan, Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri)

Permata, Olivia Tiya (2024) Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM (Studi Pada Sibien Cemeti Di Krajan, Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934124219_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934124219_bab1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
934124219_bab2.pdf

Download (136kB)
[img] Text
934124219_bab3.pdf

Download (104kB)
[img] Text
934124219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
934124219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
934124219_bab6.pdf

Download (31kB)
[img] Text
934124219_daftarpustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
934124219_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK OLIVIA TIYA PERMATA, Dosen Pembimbing I Dijan Novia Saka, SE., M.M. Dosen Pembimbing II Yopi Yudha Utama, SE, M.SA. Penerapan Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan UMKM (Studi Pada Sibien Cemeti di Krajan, Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2024. Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Volume Penjualan, UMKM Bauran pemasaran adalah salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan volume penjualan pada UMKM. Bauran pemasaran merupakan seperangkat peralatan pemasaran taktis yang digabungkan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon yang diinginkan oleh target pasar. Selain bauran pemasaran, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penjualan, diantaranya kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, kondisi organisasi usaha, dan faktor lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh UMKM Sibien Cemeti dalam meningkatkan volume penjualan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dengan pemilik, karyawan, dan pelanggan dari Sibien Cemeti. Sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari dokumentasi yang berkaitan dengan Sibien Cemeti seperti data penjualan dan pendapatan, serta website UMKM, dan literatur-literatur lain yang berkaitan. Teknik analisa data yang digunakan menlalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah Sibien Cemeti selalu berusaha untuk meningkatkan penjualannya, yaitu dengan memperhatikan bauran pemasaran, mulai dari segi produk yaitu kualitas produk yang dimiliki, harga yaitu ditetapkan berdasarkan kerumitan dari request produk, tempat/ saluran distribusi terdiri dari dua pilihan yaitu ambil langsung atau melalui jasa pengiriman, dan promosi melalui relasi dan media sosial (facebook, instagram, dan tiktok). Selain bauran pemasaran, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi penjualan, diantaranya adalah kemampuan penjual contohnya adalah tidak adanya komplain mengenai produk cacat sampai saat ini, pandai melihat peluang di kondisi pasar saat ini dengan membuat pecut pemula yang murah, memiliki modal yang sedikit akan tetapi dengan berjalannya waktu mampu memiliki 9 orang karyawan, kondisi organisasi usaha yang saat ini sudah stabil, dan faktor lain yaitu pemberian hadiah/ potongan harga dalam rangka hari lahir.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: OLIVIA TIYA PERMATA
Date Deposited: 08 May 2024 04:51
Last Modified: 08 May 2024 04:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item