PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SHUTTLECOCK PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Pada UD. Timbul Jaya Di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk)

RACHMA, ZULFA WIDYA (2024) PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SHUTTLECOCK PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH (Studi Pada UD. Timbul Jaya Di Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
934131419_bab1.pdf

Download (299kB)
[img] Text
934131419_bab2.pdf

Download (368kB)
[img] Text
934131419_bab3.pdf

Download (69kB)
[img] Text
934131419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text
934131419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
934131419_bab6.pdf

Download (150kB)
[img] Text
934131419_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
934131419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934131419_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ZULFA WIDYA RACHMA, 2024. Peran Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Shuttlecock Perspektif Pemasaran Syariah (Studi Pada UD Timbul Jaya Desa Sumengko Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing I Dr. H. Jamaludin Achmad Kholik, Lc., MA dan Dosen Pembimbing II Mundhori, ME. Kata Kunci : Teknologi Digital, Penjualan, Perspektif Pemasaran Syariah Peran Teknologi digital adalah instrumen teknologi yang penggunaannya tidak lagi membutuhkan banyak tenaga manusia atau manual dan lebih mirip dengan sistem operasi yang otomatis dan dapat terhubung ke semua komputer atau perangkat menggunakan jaringan Internet. Adapun tujuan dari adanya tindakan yang diambil suatu pengusaha dalam menggunakan alat teknologi yaitu dapat mengikuti perkembangan dalam suatu persaingan khususnya dalam pemasaran. Pada tahun 2016-2017 UD Timbul Jaya belum memakai teknologi digital sebagai alat penjualan. Pada tahun 2018-2021 UD Timbul Jaya memakai teknologi digital sebagai alat penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran teknologi digital pada UD Timbul Jaya dalam meningkatkan penjualan dan peran teknologi digital dalam meningkatkan penjualan perspektif pemasaran syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi di lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh peneliti dari Pemilik UD Timbul Jaya dan sumber data sekunder diperoleh peneliti dari data bukti berupa catatan dan laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Teknologi digital (Internet) yang digunakan pada UD Timbul Jaya menggunakan website dan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp sebagai alat penjualan (sales tools), pelayanan konsumen (customer service), alat berkomunikasi, efisiensi biaya, dan sebagai alat pengembangan merek. Melalui teknologi digital ini, UD Timbul Jaya dapat meningkatkan penjualan dari tahun 2018 ke 2021. Walaupun pada tahun 2020 UD Timbul Jaya mengalami penurunan penjualan, akan tetapi pada tahun 2021 penjualan meningkat kembali. 2) Berdasarkan perspektif pemasaran syariah, indikator teistis, etis, realistis, dan humanistis terpenuhi. Selain itu, berdasarkan indikator pemasaran UD Timbul Jaya menerapkan prinsip pemasaran syariah. Adanya penerapan pemasaran syariah UD Timbul Jaya ini menjadi pusat jual beli shuttlecock yang terpercaya di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Zulfa Widya Rachma
Date Deposited: 06 May 2024 07:54
Last Modified: 06 May 2024 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item