Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabunganku IB Pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri

ADITIYANI, DEVI APRILIA WAHYU (2024) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabunganku IB Pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934212719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
934212719_bab1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
934212719_bab2.pdf

Download (226kB)
[img] Text
934212719_bab3.pdf

Download (143kB)
[img] Text
934212719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
934212719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
934212719_bab6.pdf

Download (64kB)
[img] Text
934212719_daftarpustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
934212719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Devi Aprilia Wahyu Aditiyani, 2024. Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabunganku IB pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing Dijan Novia Saka, SE., M.M. dan Erawati Dwi Lestari, S.S., M.Hum. Kata kunci: Strategi, Pemasaran, Nasabah, Tabunganku iB Skripsi ini merupakan suatu kajian ilmiah yang membahas tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah Produk Tabunganku IB pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada produk Tabunganku iB Bank Jatim Cabang Syariah Kediri dan bagaimanakah strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Tabunganku iB pada Bank Jatim Cabang Syariah Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti tim pemasaran, customer service dan juga beberapa nasabah. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir adalah tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan pada produk Tabunganku iB Bank Jatim Syariah Cabang Kediri adalah strategi produk yaitu dengan memberikan kemudahan untuk nasabah . Kemudian dari strategi harga pihak bank menawarkan pembukaan rekening deengan harga terjangkau. Strategi promosi yang adalah dengan melakukan kunjungan dan sosialisasi. Promosi yang dilakukan lainnya yaitu penyebaran pamflet, brosur, di sosial media serta mengikuti event-event. Strategi orang adalah dengan mengirimkan perwakilan dari bank. Strategi sarana fisik yaitu ruangan yang harum, nyaman, dingin dan bersih. Strategi proses yaitu pelayanan yang dilakukan sangat mudah dan cepat. Dan untuk strategi tempatnya sudah dari awal berada di lokasi yang strategis. Strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah produk Tabunganku iB Bank Jatim Syariah Cabang Kediri yaitu pentinganya kecakapan komunikator yang dari produk ini untuk menjelaskan produk ini dengan sejelas-jelasnya agar menghindari kesalapahaman dari Dan pihak bank memberikan solusi dari hambatan yang terjadi serta adanya evaluasi setiap Hari Selasa. Kiat-kiat yang dilakukan agar nasabah tetap menggunakan produk ini adalah melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah dan universitas. Selanjutnya feedback dari nasabah dapat dilihat dari meningkatnya jumlah nasabah Produk Tabungaku iB dalam beberapa bulan terakhir. Serta faktor penentu yang dapat dikatakan meningkat adalah dari jumlah nasabah dan jumlah deposit nasabah. Terakhir alasan nasabah membuka rekening di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri adalah setoran awal yang terjangkau, proses yang mudah, serta banyaknya ATM yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Devi Aprilia Wahyu Aditiyani
Date Deposited: 06 May 2024 06:14
Last Modified: 06 May 2024 06:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item