Implementasi Pembelajaran Kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Santri Pondok Pesantren Baitul Iman Kepung Kediri

SYARIFAH, RIYYA HASYSYA (2024) Implementasi Pembelajaran Kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Santri Pondok Pesantren Baitul Iman Kepung Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932109719_prabab.pdf

Download (953kB)
[img] Text
932109719_bab1.pdf

Download (585kB)
[img] Text
932109719_bab2.pdf

Download (849kB)
[img] Text
932109719_bab3.pdf

Download (451kB)
[img] Text
932109719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
932109719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
932109719_bab6.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932109719_daftarpustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
932109719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

ABSTRAK Syarifah, Riyya, Hasysya. Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. Implementasi Pembelajaran Kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah Untuk Meningkatkan Pemahaman Agama Santri Pondok Pesantren Baitul Iman Kepung Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri. 2023. Kata Kunci: Implementasi, kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah, meningkatkan pemahaman Persoalan moral remaja saat ini, minimnya pengetahuan remaja akan tata cara beribadah yang benar menurut syari’at, dan yang terpenting pendidikan aqidah yang benar saat ini tidak dijadikan prioritas. Jalan untuk mengetahui yang diwajibkan dan diharamkan adalah dengan belajar ilmu agama secara talaqqi. Didalam kitab Al- Tsaqofah Al-Islamiyah sudah mencakup 3 ilmu agama yang hukum mempelajarinya fardhu ain, pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman agama santri. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa belajar ilmu agama sangat penting terkhusus yang hukum mempelajarinya fardhu ain, sehingga ketika sudah baligh mereka mempunyai bekal pengetahuan untuk melakukan kewajiban dan meninggalkan keharaman. Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah. 2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah. 3) Mendeskripsikan Evaluasi pembelajaran kitab Al- Tsaqofah Al-Islamiyah. 4) Implikasi pembelajaran kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah untuk meningkatkan pemahaman agama santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Objek penelitian adalah santri pondok pesantren baitul iman. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data yang tidak relevan, pemaparan data dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran: merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun rencana kegiatan pembelajaran dimulai dengan kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 2) implementasi pembelajaran: pada proses pembelajaran menggunakan metode tadrij, terdapat hambatan dalam pembelajaran yaitu kesulitan dalam memahami materi dan kesulitan dalam menghafal. 3) evaluasi pembelajaran: ujian lisan yang dilakukan pertengahan semester dan akhir semester, serta pemantauan dan pengamatan yang dilakukan oleh ustadzah. 4) implikasi pembelajaran kitab Al-Tsaqofah Al-Islamiyah untuk meningkatkan pemahaman, terjadi peningkatan pemahaman dalam bidang aqidah semakin teguh prinsip aqidah dan semakin bertambah keimanannya. Bidang ibadah dalam tata cara sholat mereka hati-hati agar sholat yang dikerjakan sesuai dengan syari’at. Bidang akhlak perilaku kepada guru, orang tua dan sesama teman menjadi lebih baik dari pada sebelumnya, tidak membully dan mencuri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIYYA HASYSYA SYARIFAH
Date Deposited: 06 May 2024 06:16
Last Modified: 06 May 2024 06:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item