Karuniawaty, Dyana Wilujeng Vegita (2023) Manajemen Pendidikan Pada Penerapan Sistem Kurikulum Merdeka Belajar Di SMAN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932402919_prabab.pdf Download (775kB) |
|
Text
932402919_bab1.pdf Download (178kB) |
|
Text
932402919_bab2.pdf Download (135kB) |
|
Text
932402919_bab3.pdf Download (123kB) |
|
Text
932402919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text
932402919_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
932402919_bab6.pdf Download (35kB) |
|
Text
932402919_daftarpustaka.pdf Download (169kB) |
|
Text
932402919_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text
932402919_PernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (280kB) |
Abstract
DYANA WILUJENG VEGITA KARUNIAWATY, 932402919, Pembimbing Nurul Huda Purnomo, M.Pd dan Siska Yulia Weny, M.Ak. Manajemen Pendidikan Pada Penerapan Sistem Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 3 Kota Kediri. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Manajemen Pendidik, Penerapan Kurikulum Merdeka Pendidikan merupakan rangkaian pembelajaran dengan tujuan agar peserta didik mampu mengerti, dan bersikap kritis dalam berpikir. Alasan tersebut menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama agar ditingkatkan oleh suatu negara. Salah satunya yaitu dengan melakukan manajemen pendidikan yang baik melalui pengolahan dan pengaturan komponen pendidikan. Hal ini mencakup dari aspek kurikulum. Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar dan mengajar. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan ini adalah bagaimana penerapan manajemen pendidikan pada sistem kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Kota Kediri dengan fokus penelitian yang mengambil dari fungsi manajemen. Fungsi manajemen meliputi: proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahap: mereduksi data, penyajian data, dan teknik pengecekan keabsahan data, serta triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah manajemen pendidikan pada penerapan sistem kurikulum merdeka belajar di SMAN 3 Kota Kediri. Melalui sistem pengelolaan yang baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan. Sehingga dapat disimpulkan proses perencanaan meliputi; pelatihan sumber daya manusia, penambahan fasilitas penunjang pembelajaran, penyusunan dan modifikasi perangkat pembelajaran, serta penggunaan platform merdeka belajar. Proses pengorganisasian meliputi struktur kurikulum merdeka belajar. Proses pelaksanaan meliputi: penjurusan kurikulum merdeka dengan IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam Sosial), asesmen formatif dan sumatif, P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), serta kegiatan ekstrakurikuler. Proses pengawasan meliputi: monitoring pendidik, supervisi pengawas serta evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dyana WIljeng Vegita Karunia |
Date Deposited: | 06 May 2024 04:12 |
Last Modified: | 06 May 2024 04:12 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12563 |
Actions (login required)
View Item |