Irfani, Moh. Mutammam (2023) Pendidikan Rohani Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Santri Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136917_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932136917_bab1.pdf Download (383kB) |
|
Text
932136917_bab2.pdf Download (410kB) |
|
Text
932136917_bab3.pdf Download (94kB) |
|
Text
932136917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text
932136917_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
932136917_bab6.pdf Download (7kB) |
|
Text
932136917_daftarpustaka.pdf Download (703kB) |
|
Text
932136917_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Irfani, Moh. Mutammam. Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag, dan M. Bik Muhtaruddin, M.Th.I. Pendidikan Rohani Sebagai Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Santri Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata Kunci: Pendidikan Rohani, Kecerdasan Emosional dan Spiritual Penyelenggaraan pendidikan rohani di pesantren merupakan suatu hal yang bersifat wajib karena pendidikan rohani memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional dan spiritual santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pendidikan rohani, materi pendidikan rohani, implementasi pendidikan rohani, serta kecerdasan emosional dan spiritual santri Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah dengan guide wawancara. Sedangkan anlisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil daripada penelitian ini adalah pertama, perencanaan pendidikan rohani di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah dengan melakukan penyusunan jadwal yaumiyah santri oleh pengurus. Kedua, materi pendidikan rohani di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah meliputi kegiatan sholat, wiridan, sholawat, ngaji diniyah dan ziarah makam. Ketiga, implementasi pendidikan rohani di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah yaitu berupa pelaksanaan materi pendidikan rohani yang telah terjadwal dalam kegiatan yaumiyah. Keempat, kecerdasan emosional dan spiritual santri di Pondok Pesantren Kedunglo Miladiyyah berkembang dengan baik setelah materi pendidikan rohani terimplementasi dengan baik. Sebagai usahanya, kecerdasan emosional dapat ditingkatkan dengan memamahi kecakapan emosional individu. Sedangkan kecerdasan spiritual dapat ditingkatkan dengan melalui tahap missinon statement, character building dan self controlling.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Depositing User: | MOH. MUTAMMAM IRFANI |
Date Deposited: | 06 May 2024 05:02 |
Last Modified: | 06 May 2024 05:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12553 |
Actions (login required)
View Item |