Pengembangan Media Lapbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri

Badriyah, Siti (2023) Pengembangan Media Lapbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V di MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932612119_bab1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932612119_bab2.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932612119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932612119_bab4.pdf

Download (941kB)
[img] Text
932612119_bab5.pdf

Download (105kB)
[img] Text
932612119_daftarpustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
932612119_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (157kB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Lapbook, Motivasi Belajar Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi belajar dan hasil belajar, akan tetapi kuat dan lemahnya motivasi seseorang berbeda-beda sehingga dapat mempengaruhi beberapa faktor seperti kondisi peserta didik, lingkungan, dan upaya guru dalam menggunakan metode maupun media dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan bahwa guru membutuhkan media pembelajaran di dalam kelas untuk menambah motivasi atau semangat belajar peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana produk pengembangan media pembelajaran berbasis Lapbook pada pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda kelas 5 MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri. (2) Mengetahui bagaimana validitas media pembelajaran berbasis berbasis Lapbook pada pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda kelas 5MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri. (3) Mengetahui bagaimana efektivitas media pembelajaran berbasis berbasis Lapbook pada pelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda kelas 5MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri. (4) Bagaimana meningkatkan motivasi belajar IPA kelas V di MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri. Penelitian ini merupakam penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada pendapat Borg & Gall. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal adalah Lapbook bagi peserta didik kelas 5 yang berisi materi perubahan wujud benda. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu Ahli Media, Ahli Materi IPA dan Dosen PGMI. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah peserta didik kelas 5 MI Mamba’ul Ulum Kota Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Angket dan Dokumentasi. Angket ini digunakan untuk mengetahui motivasi peserta didik setelah di terapkannya media Lapbook. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Lapbook ini layak digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil penyebaran angket kepada peserta didik bahwa skor rata-rata yang diperoleh dari uji kelompok besar adalah 88,69% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil perolehan penyebaran angket oleh uji kelompok kecil adalah 86% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan skor tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Lapbook mempunyai kualitas layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Badriyah
Date Deposited: 20 May 2024 07:23
Last Modified: 20 May 2024 07:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12552

Actions (login required)

View Item View Item