Khasanah, Siti Nur (2019) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar PAI & Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
prabab.pdf Download (252kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Mengingat begitu pentingnya tujuan dari pendidikan, maka sudah pasti bahwa keberhasilan Pendidikan Agama Islam di sekolah dapat dilihat dari prestasi belajar siswa yang bersangkutan. Oleh sebab itu, pendidikan diharapkan dapat membentuk kebiasaan belajar dan konsep diri yang positif sehingga akan mudah dalam menerima dan memahami pelajaran, pada akhirnya prestasi belajar baik. Siswa- yang memiliki prestasi belajar yang baik dalam artian mencapai ketuntasan belajar, agar tidak memunculkan hambatan bagi siswa ketika menempuh jenjang pendidikan selanjutnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk : 1.) Untuk menguji pengaruh anatara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PAI & Budi Pekerti siswa SMPN 2 Kediri. 2.) Untuk menguji pengaruh anatara konsep diri dengan prestasi belajar PAI & Budi Pekerti siswa SMPN 2 Kediri. 3.) Untuk menguji pengaruh anatara kebiasaan belajar dan konsep diri dengan prestasi belajar PAI & Budi Pekerti siswa SMPN 2 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 345 siswa dan sampelnya sebanyak 160 responden. Teknik pengumpulan data dengan instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Sederhana dan Regresi Ganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) Kebiasaan belajar berdasarkan interprestasi true score dengan nilai rata-rata 44,7 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil nilai t hitung = -2,069, > t tabel = 1,975 pada taraf 5%. Kebiasaan belajar (X1) memberikan sumbangan pengaruh terhadap prestasi belajar Siswa (Y) yaitu sebesar 0,026 atau 2,6%. 2) Konsep diri berdasarkan interprestasi true score dengan nilai rata-rata 86,48 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil nilai nilai t hitung = 3,765 > t tabel = 1,975 pada taraf 5%. Konsep diri (X2) memberikan sumbangan pengaruh terhadap perstasi belajar siswa (Y) yaitu sebesar 0,082 atau 8,2%. 3) Adanya pengaruh antara Kebiasaan belajar dan Konsep diri terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Kediri. Hasil nilai Fhitung > Ftabel = 9.479 > 3.05 pada taraf 5%. Hasilnya diperoleh dengan korelasi pada kategori yang sangat lemah sebesar 0,108 atau 10,8%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:36 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 06:36 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12511 |
Actions (login required)
View Item |