Pengaruh Self Efficacy Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Nurul Islam Kediri Tahun 2018/2019

Sukmawati, Devi Fadhila (2019) Pengaruh Self Efficacy Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di MTs Nurul Islam Kediri Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan merupakan suatu hal yang penting. Untuk melihat keberhasilan pendidikan tersebut salah satunya dengan melihat prestasi belajar siswa. Prestasi belajar juga tidak terlepas dari proses belajar mengajar, dimana peran self efficacy dan minat belajar juga ikut andil dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, pendidik harus bisa membentuk self efficacy dan minat belajar siswa dengan baik sehingga akan berdampak pada tingginya prestasi belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar siswa di MTs Nurul Islam Kediri. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Nurul Islam Kediri. 3) Untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MTs Nurul Islam Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Nurul Islam Bence Kediri sebanyak 120 siswa dan sampelnya sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data dengan instrumen angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh: 1) Tingkat self efficacy siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Bence Kediri termasuk ke dalam kategori tinggi. Dan hasil penelitian menunjukkan thitung = - 0,466 < ttabel = 1,989, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara self efficacy terhadap prestasi belajar. 2) Tingkat minat belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Bence Kediri termasuk ke dalam kategori tinggi. Dan hasil penelitian thitung = 3,256 > ttabel = 1,989, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar. 3) Pada pengujian secara bersama-sama antara self efficacy dan minat belajar terhadap prestasi belajar dengan hasil Fhitung = 6.066 > Ftabel = 3.11, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara self efficacy dan minat belajar terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:31
Last Modified: 30 Apr 2024 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item View Item