Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis QR-Code (Barcode Scanner) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di MI Nasyiatul Mubtadiin

Safitri, Rike Nur (2023) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis QR-Code (Barcode Scanner) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di MI Nasyiatul Mubtadiin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932601119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932601119_bab1.pdf

Download (271kB)
[img] Text
932601119_bab2.pdf

Download (424kB)
[img] Text
932601119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
932601119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932601119_bab5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
932601119_daftar_pustaka.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932601119_sp.pdf

Download (296kB)

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (RND) model pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE, dimana pada model ini terdapat 5 tahapan dalam penelitian dan pengembangan yang terdiri dari : tahap analisis (kinerja, siswa dan tujuan pembelajaran), tahap desain (menyusun materi, soal, pemilihan desain visual dan audiovisual), tahap pengembangan (pembuatan bahan ajar), Setelah bahan ajar selesai dikembangkan dilakukan validasi untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar, setelah itu tahap implementasi bahan ajar peneliti menggunakan satu kelas maka peneliti menggunakan One Group dengan jumlah peserta didik 25 dan tahap evaluasi. Sehingga setelah melewati beberapa tahapan tersebut dapat menghasilkan produk bahan ajar tematik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tematik mendapatkan kevalidan yang telah divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi setelah divalidasi oleh 2 validator yang mendapatkan hasil presentase sebesar 86% dan 89%, pada ahli media setelah divalidasi oleh 2 validator mendapatkan hasil presentase sebesar 93% dan 97%, dan pada ahli desain setelah divalidasi mendapatkan hasil presentase sebesar 87%. Hasil validasi dari semua validator berada di atas 80%, sehingga modul pembelajaran tematik tersebut dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan. Dari hasil analisis data adanya perbedaan yang signifikan hal ini dapat dibuktikan dari hasil angket yang disebarkan sebelum penggunaan modul pembelajaran tematik dengan presentase sebesar 65,1% dan sesudah penggunaan modul pembelajaran tematik dengan presentase sebesar 89,7% Perubahan ini menunjukkan bahwa penggunaan modul tematik berbasis QR-Code memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas V-D MI Nasyiatul Mubtadiin.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rike Nur Safitri
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:58
Last Modified: 29 Jul 2024 02:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12449

Actions (login required)

View Item View Item