Zaidah, Nur Khosiatus (2023) Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh (Studi Kasus Di TK Pertiwi Mlilir). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933418616_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933418616_bab1.pdf Download (627kB) |
|
Text
933418616_bab2.pdf Download (439kB) |
|
Text
933418616_bab3.pdf Download (519kB) |
|
Text
933418616_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
933418616_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
933418616_bab6.pdf Download (204kB) |
|
Text
933418616_daftarpustaka.pdf Download (500kB) |
|
Text
933418616_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
Abstract
ABSTRAK ZAIDAH, NUR KHOSIATUS , 2023. PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI POLA ASUH (STUDI KASUS DI TK PERTIWI MLILIR), Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Mohammad Arif, M.A. dan (2) Novi Wahyu Winastuti, M.Psi. Kata Kunci : Kemandirian, Anak Usia Dini, Pola Asuh Kemandirian sangat penting untuk diajarkan kepada anak. Sejak dini anak harus sudah dilatih dan dibiasakan untuk melakukan aktivitasnya sendiri, seperti ketika di rumah anak sudah bisa makan sendiri apa belum, menggunakan kamar mandi sendiri, serta menggunakan pakaiannya sendiri. Pada saat di sekolah seperti anak masih ditunggu oleh ibunya ketika di dalam kelas. Dalam hal ini orang tua memiliki peran mendampingi perkembangan kemandirian anak. Namun tidak semua orang memahami itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemandirian anak usia dini yang ditinjau dari pola asuh orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah empat siswa dan empat orang tua murid serta guru kelas di TK Pertiwi Mlilir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemandirian anak usia dini yang ditinjau dari pola asuh orang tua. Subjek menunjukkan dalam keseharian nya sudah mampu melakukan aktivitasnya yang sebelumnya masih dibantu oleh orang tua. Mereka sekarang sudah bisa melakukannya secara mandiri. Orang tua hanya memantau tanpa ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dari 4 subjek, 2 subjek sudah menunjukkanadanya perkembangan kemandirian setelah kurang dari 1 semester. Sedangkan 2 subjek membutuhkan waktu 6 bulan - 1 tahun. Perkembangan yang cepat nampak pada anak yang diasuh dengan pola asuh demokratis. Sedangkan 2 anak yang lambat diasuh dengan pola asuh yang cenderung otoriter dan permisif tetapi berubah menjadi pola asuh demokratis. Penerapan pola asuh yang tepat menentukan perkembangan kemandirian anak dan anak bisa melakukan pekerjaan di rumah sendiri dan mandiri dalam mengerjakan tugas sekolah. Anak yang diasuh dengan pola asuh yang tepat mampu melakukan pekerjaannya sendiri : seperti makan sendiri memakai sepatu sendiri, mandi sendiri, memakai pakaian atau seragamnya sendiri, dan dapat mengerjakan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | NUR KHOSIATUS ZAIDAH |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:33 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12445 |
Actions (login required)
View Item |