IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PENGAJARAN AL QUR’AN DI SMPIT AR RUHUL JADID JOMBANG

SYARIFAH, NASIKHATUS (2018) IMPLEMENTASI METODE WAFA DALAM PENGAJARAN AL QUR’AN DI SMPIT AR RUHUL JADID JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110014_Pra Bab.pdf

Download (702kB)
[img] Text
932110014_BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
932110014_BAB II.pdf

Download (713kB)
[img] Text
932110014_BAB III.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932110014_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB)
[img] Text
932110014_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
932110014_BAB VI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932110014_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Wafa. Pengajaran Al Qur’an. Metode Wafa adalah metode pembelajaran dengan pendekatan otak kanan (asosiatif, imajinatif, dll) yang bersifat komprehensif dan integratif dengan metodologi yang dikemas secara menarik dan menyenangkan. Ciri khas metode ini adalah membaca Al Qur’an dengan menggunakan nada hijaz. SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan metode wafa dalam proses pengajaran Al Qur’an. Sekolah ini juga memiliki targetan hafalan diatas 5 juz. Oleh karena itu peneliti merumuskan beberapa fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana Implementasi Metode Wafa dalam Pengajaran Tashin Al Qur’an di SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang, 2) Bagaimana Implementasi Mwtode Wafa dalam Pengajaran Tilawah Al Qur’an di SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang, 3) Bagaimana Implementasi Metode Wafa dalam Pengajaran Tahfidz Al Qur’an di SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Penerapan metode wafa dalam pengajaran tahsin Al Qur’an sudah cukup bagus, karena tidak hanya aspek membaca Al Qur’an yang dikembangkan, namun juga aspek menulis dan menghafal Al Qur’an. 2) Penerapan metode wafa dalam tilawah Al Qur’an masih belum diterapkan secara maksimal, karena proses tilawah Al Qur’an dilakukan secara individual sehingga tidak semua siswa menggunakan metode wafa dalam kegiatan tersebut. 3) Implementasi metode wafa dalam pengajaran tahfidz Al Qur’an belum dilakukan secara maksimal karena beberapa faktor diantaranya metode wafa belum dapat diaplikasikan untuk menghafal lebih dari 2 juz Al Qur’an sedangkan target di SMPIT Ar Ruhul Jadid lebih dari 5 Juz Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:26
Last Modified: 14 Jul 2020 02:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item View Item