Rafidania, Rena (2023) Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Program Bina Prestasi Bahasa Arab MTsN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932504819_prabab.pdf Download (910kB) |
|
Text
932504819_bab1.pdf Download (498kB) |
|
Text
932504819_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
|
Text
932504819_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
|
Text
932504819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
|
Text
932504819_bab5.pdf Download (313kB) |
|
Text
932504819_daftarpustaka.pdf Download (397kB) |
|
Text
932504819_sp.pdf Download (317kB) |
Abstract
ABSTRAK Rafidania, Rena. 2023. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Program Bina Prestasi Bahasa Arab MTsN 2 Kota Kediri. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Khoiru Nidak, M.Pd, dan (2) Moh. Sholeh Afyuddin, M.Pd. I. Kata Kunci: Kurikulum Bahasa Arab, Multiple Intelligences, Bina Prestasi Kurikulum merupakan komponen yang sangat strategis dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran memerlukam kurikulum agar pembelajaran menjadi terencana, sistematis dan sesuai dengan kebutuhan. Problematika pembelajaran program Bina Prestasi di MTsN 2 Kota Kediri adalah tidak adanya kurikulum khusus. Hal ini menyebabkan ketidakselarasan antara tujuan yang ingin dicapai, materi, metode dan Teknik evaluasi. Sehingga peneliti terdorong untuk mengembangkan kurikulum yang dapat mengakomodasi diversitas peserta didik berdasarkan teori Multiple Intelligences. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Multiple Intelligences dan menguji kelayakannya untuk program Bina Prestasi di MTsN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD). Sedangkan model penelitian menggunakan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Peneliti menerapkan kurikulum pada 32 peserta didik dari Firqoh Tsaminah setelah diperiksa oleh 3 validator. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket validasi ahli, tes hasil belajar, dan angket respon peserta didik. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis statistik dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan kurikulum berbasis Multiple Intelligences melalui proses analisis kebutuhan, design, pengembangan produk, validasi, implementasi dan evaluasi. Hasil validasi produk kurikulum pembelajaran Bahasa Arab menunjukkan bahwa kurikulum sangat layak digunakan dengan nilai rata rata ahli kurikulum sebesar 85,93% dan nilai rata rata praktisi sebesar 89,47%. Adapun hasil respon siswa memperoleh nilai rata-rata 86,06% dengan kriteria “sangat layak”. Kemudian analisis hasil belajar melalui N-Gain Score memperoleh hasil sebesar 65,7% dengan kategori cukup efektif. Sedangkan hasil uji t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05, maka ditemukan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan dengan menerapkan kurikulum Bahasa Arab berbasis Multiple Intelligences. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab berbasis Mutiple Intelligences sangat layak digunakan dalam pembelajaran program Bina Prestasi dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik Bina Prestasi di MTsN 2 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rena Rafidania |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 06:25 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 06:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12433 |
Actions (login required)
View Item |