Komparasi Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Take and Give dan Learning Cycle Pada Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti Di SMPN 1 Banyakan

NUGRAHAWATI, SYLVINA DWI (2019) Komparasi Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Take and Give dan Learning Cycle Pada Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti Di SMPN 1 Banyakan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1-3.pdf

Download (444kB)
[img] Text
4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
6-dp.pdf

Download (263kB)

Abstract

Penelitian bertujuan, 1.untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah metode pembelajaran kooperatif take and give, 2.perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah metode learning cycle, 3.perbedaan motivasi belajar siswa antara metode pembelajaran kooperatif take and give dan learning cycle pada siswa kelas VII mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Banyakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII reguler SMPN 1 Banyakan sebagai populasi dengan jumlah 219 dan sampel 61 siswa yaitu dari kelas VII-C dan VII-F, dengan teknik pengambilan sampel purposive random sampling. Dengan kerangka penelitian eksperimen. Dari hasil penelitian menunjukkan, 1. terdapat perbedaan motivasi belajar siswa siswa kelas VII sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe take and give pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Banyakan Kediri berdasarkan hasil Paired sampel T-Test diketahui bahwa (2-tailed) (0,05), yaitu 0,000 ≤ (0,05), 2.Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning cycle pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 1 Banyakan Kediri berdasarkan hasil Paired sampel T-Test diketahui bahwa (2-tailed) (0,05), yaitu 0,067 ≥ (0,05), 3.Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara metode pembelajaran take and give dan learning cycle dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,003 ≤ 0,05 dengan nilai rata-rata 101,93 untuk metode pembelajaran take and give dan 95,16 untuk metode pembelajaran learning cycle.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:03
Last Modified: 22 Apr 2024 03:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12428

Actions (login required)

View Item View Item