Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri

Fawzya, Ananda Putri (2019) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab .pdf

Download (187kB)
[img] Text
13.pdf

Download (558kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
6dp.pdf

Download (872kB)

Abstract

Bedasarkan permasalahan yang terdapat di dalam penelitian ini,yaitu 1). Bagaimana pendekatan saintifik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri 2). Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 Plosokltaen Kabupaten Kediri 3). Adakah pengaruh pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni sebesar 250 yang terdiri atas siswa kelas XI baik jurusan MIPA maupun IPS di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri, Adapun jumlah sampel yakni sebesar 146. Pengambilan sampel ini dengan menggunakan pengambilan sampel secara acak dengan merujuk pada tabel isaac dan Michel. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dengan menyebarkan kepada responden. Untuk analisis data statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana Dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan penelitian yaitu: (1) Pendekatan saintifik siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti diperoleh rata-rata diperoleh rata-rata sebesar 56,21 yang digolongkan skor 56-59 yang dikategorikan cukup. (2) Minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan diperoleh rata-rata sebesar 65,34 yang digolongkan skor 61-65 yang dikategorikan cukup. (3)Pengaruh pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh dengan dibuktikan pada nilai Sig = 0,000 yang lebih kecil dari 0,005. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh sebesar 84,8 % pengaruh pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMAN 1 Plosoklaten Kabupaten Kediri. Implikasi dari penelitian ini yaitu pendekatan saintifik bukan hanya meningkatkan minat belajar peserta didik akan tetapi, dapat juga meningkatkan prestasi belajar, hasil belajar dalam proses pembelajaran,s edangkan untuk meningkatkan minat belajar perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai peningkatan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:40
Last Modified: 22 Apr 2024 02:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12423

Actions (login required)

View Item View Item