RISTIANI, DESY (2023) Pengembangan Lkpd Pembelajaran Tematik Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Tema 1 Subtema 1 MI Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932612719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932612719_bab1.pdf Download (509kB) |
|
Text
932612719_bab2.pdf Download (519kB) |
|
Text
932612719_bab3.pdf Download (609kB) |
|
Text
932612719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932612719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) |
|
Text
932612719_bab6.pdf Download (208kB) |
|
Text
932612719_daftarpustaka.pdf Download (437kB) |
|
Text
932612719_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Desy Ristiani. Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Aulia Rohmawati, M.Pd. Pengembangan LKPD Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN Kediri), 2023. Kata Kunci: Pengembangan LKPD, HOTS, dan Hasil Belajar Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) mengembangkan LKPD pembelajaran tematik berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, 2) mengetahui tingkat efektifitas pengembangan LKPD pembelajaran tematik berbasis HOTS untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III semester I tema 1 subtema 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Robert Maribe Branch yang terdiri dari: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Miftahul Falah Manisrenggo Kota Kediri. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1). Pengembangan LKPD berbasis HOTS menggunkan langkah-langkah sebagai berikut: a) Analysis (melakukan pra-riset terhadap analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis peserta didik), b) Design (membuat rancangan yang berkaitan dengan urutan pengembangandan dan evaluasi produk yang akan dihasilkan), c) Development (proses perwujudkan rancangan produk dengan divalidasikan oleh ahli materi, ahli desain dan guru pembelajaran). Presentase kevalidan dari ahli materi tehadap LKPD berbasis HOTS sebesar 97% yang berarti valid, ahli materi tehadap LKPD berbasis HOTS sebesar 83% yang artinya valid, guru pembelajaran tehadap LKPD berbasis HOTS sebesar 82%. d) Implementation (Penilaian pada peserta didik kelas III dengan membagikan angket, dan e) Evaluation (Mengukur produk pemebelajaran untuk melihat keefektifan produk); 2) Efektivitas pembelajaran LKPD berbasis HOTS dibuktikan dengan memberikan pretest dan posttest menggunakan uji N-Gain. Pada analisis uji N-Gain peningkatan hasil belajar kategori tinggi sebanyak (50%) 10 peserta didik. Pada kategori sedang terdapat sebanyak (50%) 10 peserta didik. Pada kategori rendah terdapat sebanyak (0%) 0 peserta didik. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan menggunakan LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Desi Ristiani |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 03:37 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 03:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12407 |
Actions (login required)
View Item |