Implementasi Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Negeri 5 Nganjuk

HABIBI, AHMAD WILDAN (2019) Implementasi Pembelajaran Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII di MTs Negeri 5 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
0 HALAMAN JUDUL (JADI).pdf

Download (14kB)
[img] Text
0 Scan Lampiran.pdf.pdf

Download (640kB)
[img] Text
0 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
0 PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
01 bab I jadi.pdf

Download (226kB)
[img] Text
02 bab II jadi.pdf

Download (619kB)
[img] Text
03 bab3 jadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
04 bab 4 jadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
05 bab 5 jadi.pdf

Download (190kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi dan keterampilan siswa sehingga potensi dan keterampilan siswa juga semakin berkembang. Dengan berkembangnya potensi dan keterampilan siswa, maka berbagai bidang dalam kehidupan juga ikut berkembang. Untuk mengembangkan potensi peserta didik juga sangat diperlukan inovasi dalam pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian peserta didik. Media video dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran mata pelajaran Agama, media ini memungkinkan siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, selain itu siswa tidak merasa bosan dengan menampilkan bentuk gambar bergerak dan juga suara yang bervariasi. Adapun objek penelitiannya adalah MTs Negeri 5 Nganjuk. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mengetahui a). Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media pembelajaran Audio visual pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Nganjuk ?, b). Bagaimana motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Audio visual pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Nganjuk ?, c). Apakah ada pengaruh media pembelajaran Audio Visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 5 Nganjuk ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Search) yakni kegiatan penelitian untuk mendapatkan kebenaran dan manfaat paktis dengan cara melakukan tindakan secara kolaboratif dan partitipatif. Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan upaya mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keempat tahap tersebut terdapat dalam satu siklus yang dilakukan berulang dengan langkah-langkah yang sama dan tetap difokuskan pada penyampaian materi dengan menggunakan media audio visual. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motivasi siswa sebelum menggunakan Audio Visual pada mata pelajaran Fikih bab Haji dan Umroh sangat kurang, hal ini di karenakan ibadah haji dan umroh bukanlah merupakan ibadah yang dapat di lihat secara langsung di sekitar kita lakukan setiap hari, dan tidak semua Islam mampu menjalankanya. Oleh karena itu, siswa kurang antusias pada saat belajar mata pelajaran fikih pada bab haji dan umroh. Setelah menggunakan media Audio Visual dan guru menguasai penggunaan Audio Visual siswa sangat termotivasi dalam mengikuti pelajaran fikih bab haji dan umroh. Adapun pengaruh media pembelajaran Audio Visual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih bab haji dan umroh di MTs Negeri 5 Nganjuk sangat signifikan. Berdasarkan perhitungan, rata-rata hasil belajar fiqih siswa mengalami peningkatan karena pencapain nilai diatas KKM sudah melebihi target yang cukup tinggi yaitu 98%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:58
Last Modified: 18 Apr 2024 05:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item