Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas Vii Madrasah Stanawiyah Negeri 6 Nganjuk

ROFIAH, NUR SHOHIBUD DAROJATIR (2019) Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas Vii Madrasah Stanawiyah Negeri 6 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (361kB)
[img] Text
13.pdf

Download (492kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
6dp.pdf

Download (176kB)

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ice breaking di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Nganjuk, dan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Nganjuk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seorang guru Al-Qur’an Hadits dan siswa kelas VII di MTsN 6 Nganjuk yang berjumlah 259 siswa, sampel yang diambil adalah kelas VII B sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol di MTsN 6 Nganjuk. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi atau pengamatan, angket, serta dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sampel T-test, yang sebelumnya diuji prasyarat homogenitas data dan normalitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan ice breaking dalam proses pembelajaran di MTsN 6 Nganjuk pada bidang studi Al-Qur’an Hadits berjalan dengan baik. Peneliti memilih dua kelompok yang dijadikan sebagai uji coba dalam penelitian, yakni kelompok eksperiment untuk kelas VII B dan kelompok control untuk kelas VII A. Masing-masing kelompok diberi pretest, perlakuan dan posttest. Untuk kelompok eksperiment menggunakan ice breaking, sedangkan untuk kelompok control tidak menggunakan ice breaking. (2) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa “terdapat pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar”. Hal itu dapat dilihat dengan membandingkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh kelas eksperiment maupun kelas control. Adapun nilai rata-rata posttest kelas eksperiment lebih besar dari nilai posttest kelas control yaitu 72,43>66. Besarnya pengaruh variable bebas dan variable terikat sebesar 6,43.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:18
Last Modified: 04 Apr 2024 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item