Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Meningkatkan Skill Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Salat Sunah Kelas VIII Di UPT SMP Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

HISNA, NITA NUR (2019) Media Pembelajaran Ular Tangga Dalam Meningkatkan Skill Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Salat Sunah Kelas VIII Di UPT SMP Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
prabab.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Media pembelajaran adalah sesuatu yang digunakan sebagai media komunikasi yang digunakan pengajar untuk merangsang perhatian dan minat siswa sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Skill belajar siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran papan tulis pada mata pelajaran PAI materi salat sunah kelas VIII di SMP Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. (2) Untuk mengetahui Skill belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Ular Tangga pada mata pelajaran PAI materi salat sunah kelas VIII di SMP Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. (3) Untuk mengetahui media pembelajaran Ular Tangga berpengaruh terhadap Skill belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi salat sunah kelas VIII di SMP Negeri 1 Gandusari Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gandusari, sampel yang diambil adalah kelas VIII C dengan jumlah 32 siswa dan kelas VIII E dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Angket dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan persentase Skill belajar siswa pada kelas kontrol bahwa siswa yang mendapat nilai kategori sangat tinggi berjumlah 6,3%, kategori tinggi berjumlah 9,4%, kategori sedang berjumlah 43,8%, kategori rendah berjumlah 31,3%, dan yang mendapat kategori sangat rendah berjumlah 9,4%. Sedangkan hasil perhitungan persentase Skill belajar siswa pada kelas eksperimen diketahui bahwa siswa yang mendapat nilai kategori sangat tinggi berjumlah 6,3%, kategori tinggi berjumlah 28,1%, kategori sedang berjumlah 63%, kategori rendah berjumlah 6,3%, dan yang mendapat kategori sangat rendah berjumlah 3,1%. Analisis data menggunakan uji One Way Anova diketahui bahwa nilai Sig. adalah sebesar 0,003. Karena nilai Sig. 0,003 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas kontrol yaitu kelas VIII E dan kelas eksperimen yaitu kelas VIII C “berbeda” secara signifikansi. Jadi dapat disimpulkan bahwa H1 diterima atau dengan kata lain media pembelajaran Ular Tangga berpengaruh terhadap Skill belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi salat sunah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:34
Last Modified: 28 Mar 2024 02:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item View Item