Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Di TK Dharma Wanita II Banaran Kecamatan Kandangan Kabuaten Kediri

ALHUSNA, NAILUL MAFAIDA (2018) Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Di TK Dharma Wanita II Banaran Kecamatan Kandangan Kabuaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
PRA BAB.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Di TK Dharma Wanita II Banaran Kecamatan Kandangan Kabuaten Kediri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di TK Dharma Wanita II Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana dampak upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di TK Dharma Wanita II Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dan interaktif (fenomenologis). Sedangkan untuk mendapatkan data penulis menggunkan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Setelah itu menganalisis dengan teknik deskriptif dan interaktif. Dari hasil penelitian upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di TK Dharma Wanita II Banaran Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri menunjukkan bahwa (1) nilai keagamaan yang diterapkan dalam pembelajaran yakni ada 2 yaitu: nilai ketuhanan dan nilai kemanusiaan. Nilai ketuhanan yang diajarkan berupa pembiasaan doa, infaq dan pengenalan agama-agama di Indonesia. Sedangkan nilai kemanusiaan guru mengajarkan hal-hal yang mengandung kedisiplinan, tanggung jawab, sopan, santun, tolong menolong, toleransi dan lainnya. (2) dampak dari penanaman nilai keagamaan di TK Dharma Wanita II Banaran yakni siswa-siswi menjadi membiasakan diri dengan kegiatan keagamaan sehari-sehari tanpa adanya paksaan dari pihak orang tua maupun guru. Adapun saran penulis hendaknya bagi guru guru TK Dharma Wanita II Banaranmeningkatkan perhatian dan kreatifitas untuk membentuk karakter anak yang lebih baik. Bagi wali murid atau masyarakat agar turut memantau sikap keagamaan anak sesuai dengan keagamaannya dan membantu memberi arahan yang menyenangkan tentang keagamaan masing masing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:38
Last Modified: 25 Mar 2024 07:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item View Item