Arsyadana, Muhamad Aslamudin (2024) Retorika Marcel Radhival Dalam Membongkar Praktik Perdukunan Di Channel Youtube Pesulap Merah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933502719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933502719_bab1.pdf Download (578kB) |
|
Text
933502719_bab2.pdf Download (460kB) |
|
Text
933502719_bab3.pdf Download (421kB) |
|
Text
933502719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
933502719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) | Request a copy |
|
Text
933502719_bab6.pdf Download (192kB) |
|
Text
933502719_daftarpustaka.pdf Download (317kB) |
Abstract
Kata Kunci: Retorika Aristoteles, Ethos, Logos, Pathos, Pesulap Merah Masyarakat Indonesia memiliki ketertarikan cukup tinggi pada hal-hal mistis. Banyaknya praktik palsu perdukunan yang terjadi dan disebarkan melalui media sangat merugikan masyarakat Indonesia. Marcel Radhival atau Pesulap Merah terkenal karena aksinya membongkar trik dukun dan sulap di dalam konten Youtube Yang dibuatnya. Tindakannya membongkar trik dukun dan sulap mendapat kritik dari orang-orang yang mengaku dirinya dukun dan memiliki ilmu tertentu. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti, Bagaimana retorika Marchel Radhival dalam membongkar praktik perdukunan di channel Youtube Pesulap Merah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori retorika persuasif Aristoteles atau dikenal dengan formula segitiga retorika Aristoteles yang didalamnya menjelaskan tiga cara untuk memengaruhi manusia melalui ethos, pathos, dan logos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marcel Radhival selalu menerapkan formula segitiga retorika Aristoteles. Dengan dukungan dari kredibilitas yang tinggi, Marcel Radhival mampu menarik emosional dan sisi rasional komunikan. Marcel juga menjadi inspirasi bagi kalangan muda, terlebih ia dapat dipercaya dan selalu memberikan bukti trik yang digunakan dukun, walau beretorika dengan komunikasi satu arah. Walau begitu, komunikan tetap membanjiri kolom komentar video retorikanya di channel YouTube Pesulap Merah. Penerapan ethos ,logos, dan pathos yang diprkatikan Marcel Radhival, menunjukan bahwa ethos yang dimiliki Marcel Radhival pada pendidikan formalnya memang rendah, akan tetapi pada pendidikan non formalnya, Marcel memiliki pengetahuan yang cukup mumpuni. Retorika yang disampaikan Marcel Radhival pun logis dan dapat diterima oleh pendengarnya, sehingga penerapan logos dalam rtorikanya pun fi praktikan. Lalu caranya menerapkan pathos dengan menyajikan contoh realita untuk dihubungkan dengan topic retorika, sehingga pendengarnya focus mendengarkan apa yang disampaikan Marcel Radhival.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | MUHAMAD ASLAMUDIN ARSYADANA |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:20 |
Last Modified: | 13 May 2024 04:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12269 |
Actions (login required)
View Item |