Sari, Ajeng Sanggarwati Etika (2019) تطوير وسيلة بطاقة دومينو (Domino) في ترقية فهم إسم العدد في الفصل السابع بالمدرسة المتوسّطة الإسلامية الحكومية 2 كديري البحث العلمي. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
pengembangan mdia pra 123.pdf Download (441kB) |
|
Text
pengembangan mdia 45.pdf Restricted to Registered users only Download (843kB) |
|
Text
pengembangan mdia 6dp.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan Media Permainan Domino Bahasa Arab dalam Meningkatkan Pemahaman Isim Adad Siswa Kelas VII di MTsN 2 Kota Kediri : Penelitian ini membahas tentang pengembangan media permainan domino bahasa Arab yang dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga pembelajaran bahasa Arab menjadi kurang maksimal terutama pada materi isim adad pada kelas VII MTsN 2 Kota Kediri. Banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi isim adad. Melalui media kartu domino bahasa Arab ini siswa dapat mempermudah memahami materi isim adad sehingga pembelajaran menjadi lebih maksimal. Pengembangan media katu domino bahasa Arab ini bertujuan untuk : 1) mengembangka produk berupa sebuah media permainan kartu domino bahasa Ara pada mata pelajaran bahasa Arab materi isim adad kelas VII MTsN 2 Kota Kediri, 2) mengetahui efektivitas penggunaan media permainan domino bahasa Arab pada mata pelajaran bahasa Arab materi Isim Adad Kelas VII MTsN 2 Kota Kediri. Untuk mencapai hal tersebut, jenis penelitia yag digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunkan dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pengembanga media permaian domino bahasa Arab ini mengacu pada model Borg and Gall denga menggunaka delapan langkah pengembangan. Hasil penelitian pengembangan melalui tahap validasi produk oleh ahli pembelajaran dan ahli media pembelajaran, menunjukkan skor 3,25 oleh ahli pembelajaran dan skor 3,11 oleh ahli media pembelajaran, nilai tersebut dikategorikan cukup baik dan membutuhkan revisi Sedangkan pada uji efektifitas kelas eksperimen menunjukkan hasil rata-rata pre-test sebesar 40. Hasil post-test mengalami kenaikan yang signifikan dibanding pre-test yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 67,14. pada kelas kontrol menunjukkan hasil rata-rata pre-test sebesar 50 dan hasil post-test sebesar 58,57. Sehingga dapat diketahui tingkat efektifitas sebesar (67,14 – 40) – (58,57 – 50) = 18,57. Dari hasil tersebut maka dapat diketahui efektifitas pembelajaran menggunkan media permainan domino bahasa Arab sebesar 18,57.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200409 Arabic Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 03:19 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 03:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12229 |
Actions (login required)
View Item |