RAHAYU, NITA EKA (2023) Implementasi Bimbingan Belajar Badan Pemantapan Materi Olimpiade Dalam Mencetak Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran PAI di MAN 3 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20201163_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20201163_bab1.pdf Download (452kB) |
|
Text
20201163_bab2.pdf Download (490kB) |
|
Text
20201163_bab3.pdf Download (346kB) |
|
Text
20201163_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
|
Text
20201163_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
20201163_bab6.pdf Download (204kB) |
|
Text
20201163_daftarpustaka.pdf Download (431kB) |
|
Text
20201163_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK NITA EKA RAHAYU, Dosen Pembimbing I dan II Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I, dan Sufirmansyah, M.Pd.I, Implementasi Bimbingan Belajar Badan Pemantapan Materi Olimpiade Dalam Mencetak Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran PAI Di MAN 3 Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Bimbingan Belajar, BPMO, Siswa Berprestasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh situasi dan kondisi belajar yang membutuhkan perhatian serius dan instensif dari berbagai aspek pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa. Sehingga menjawab tantangan pendidikan di era pembangunan, sekolah perlu berkontribusi mencetak generasi baru siswa yang berprestasi dan unggul dalam kompetisi. Dalam hal ini peran bimbingan belajar yang intensif sangat dibutuhkan dan tidak bisa diremehkan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui pelaksanaan bimbingan belajar BPMO dalam mencetak siswa berprestasi pada mata pelajaran PAI di MAN 3 Jombang dan 2. Mengetahui peran bimbingan belajar BPMO dalam mencetak siswa berprestasi pada mata pelajaran PAI di MAN 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan Teori Oemar Hamalik dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dari penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara : 1. Pengumpulan data, 2. Reduksi data, 3. Penyajian data, 4. Penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) sebelum pelaksanaan bimbingan belajar terdapat beberapa tes BPMO yang dilakukan setiap tahun sekali untuk siswa kelas 10. Seleksi tes yang dilakukan terdapat beberapa mata pelajaran, setiap siswa mempunyai hak memilih setiap mata pelajaran sesuai potensi dan kemampuannya. Terdapat 3 tahap cara seleksi tes BPMO yaitu tes tulis, tes wawancara, dan tes skill IQ. Dari setiap mata pelajaran di ambil 5 siswa terbaik dan langkah selanjutnya yaitu pelaksanaan bimbingan belajar. Bimbingan belajar BPMO dilakukan pada waktu ekstrakurikuler dan karantina menjelang event olimpiade. Pelaksanaan bimbingan tersebut menggunakan metode drill dan model pembelajaran dengan latihan soal, diskusi dan tanya jawab dan 2) Peran bimbingan belajar BPMO yaitu : 1. Untuk mengembangkan proses belajar, dilakukan untuk mendukung, mewujudkan dan meningkatkan kemampuan dalam pengelola pembelajaran siswa. 2. Untuk meningkatkan bakat dan potensi siswa, memberikan pengarahan mempersiapkan siswa dalam mengikuti berbagai event olimpiade dan mengembangkan intelektual kemandirian belajar dalam mencetak siswa berprestasi di MAN 3 Jombang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NITA EKA RAHAYU |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:52 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12177 |
Actions (login required)
View Item |