Putri, Asmaul Kharimah (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MM (Make a Match) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTsN 7 KAB. KEDIRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932308719_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932308719_bab1.pdf Download (190kB) |
|
Text
932308719_bab2.pdf Download (488kB) |
|
Text
932308719_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
Text
932308719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text
932308719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
932308719_bab6.pdf Download (97kB) |
|
Text
932308719_daftarpustaka.pdf Download (108kB) |
|
Text
932308719_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
|
Text
932308719_pernyataanpublikasi.pdf Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen kuasi (Quasi experimental). Desain yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu Pre test – Post test Control Group Design. Instrument yang digunakan adalah RPP, Soal pretest dan posttest, lembar observasi, dan lembar kuisioner. Penelitian ini sudah dilakukan di MTsN 7 Kab. Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian mengambil populasi dari seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Kab. Kediri dan sampel terpilih yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Two Way Anova didapatkan hasil sebagai berikut: Metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan sig. 0,000 (< 0,050). Berdasarkan pengambilan keputusan pada hipotesis pertama apabila nilai sig. < 0,050 maka ditolak dan diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji n-gain yang telah diperoleh pada kelas eksperimen dengan rata-rata 87.76 dapat diartikan bahwa model pembelajaran di kelas eksperimen efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Uji hipotesis gaya belajar siswa yang terdiri dari 3 gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik menunjukkan hasil sig. 0,235 (> 0,050). Berdasarkan pengambilan keputusan pada hipotesis kedua apabila nilai sig. > 0,050 maka diterima dan ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar. Uji hipotesis interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa menunjukkan hasil sig. 0,533 (> 0,50). Berdasarkan pengambilan keputusan pada hipotesis ketiga apabila nilai sig. > 0,050 maka diterima dan ditolak, artinya tidak terjadi interaksi antara gaya belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Asmaul Kharimah Putri |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 06:40 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 06:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12150 |
Actions (login required)
View Item |