EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MM (Make a Match) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTsN 7 KAB. KEDIRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Putri, Asmaul Kharimah (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MM (Make a Match) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTsN 7 KAB. KEDIRI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932308719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932308719_bab1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932308719_bab2.pdf

Download (488kB)
[img] Text
932308719_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
932308719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
932308719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
932308719_bab6.pdf

Download (97kB)
[img] Text
932308719_daftarpustaka.pdf

Download (108kB)
[img] Text
932308719_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
932308719_pernyataanpublikasi.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen kuasi (Quasi experimental). Desain yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu Pre test – Post test Control Group Design. Instrument yang digunakan adalah RPP, Soal pretest dan posttest, lembar observasi, dan lembar kuisioner. Penelitian ini sudah dilakukan di MTsN 7 Kab. Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian mengambil populasi dari seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Kab. Kediri dan sampel terpilih yaitu kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-E sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Two Way Anova didapatkan hasil sebagai berikut: Metode pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika menunjukkan sig. 0,000 (< 0,050). Berdasarkan pengambilan keputusan pada hipotesis pertama apabila nilai sig. < 0,050 maka ditolak dan diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji n-gain yang telah diperoleh pada kelas eksperimen dengan rata-rata 87.76 dapat diartikan bahwa model pembelajaran di kelas eksperimen efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Uji hipotesis gaya belajar siswa yang terdiri dari 3 gaya belajar yaitu visual, auditorial, dan kinestetik menunjukkan hasil sig. 0,235 (> 0,050). Berdasarkan pengambilan keputusan pada hipotesis kedua apabila nilai sig. > 0,050 maka diterima dan ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan gaya belajar. Uji hipotesis interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa menunjukkan hasil sig. 0,533 (> 0,50). Berdasarkan pengambilan keputusan pada hipotesis ketiga apabila nilai sig. > 0,050 maka diterima dan ditolak, artinya tidak terjadi interaksi antara gaya belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Asmaul Kharimah Putri
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:40
Last Modified: 06 Mar 2024 06:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12150

Actions (login required)

View Item View Item