AZIZ, MOHAMMAD ABDULLOH (2018) PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MTS NEGERI 17 JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
1. Pra Bab.pdf Download (378kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (384kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (211kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text
6. BAB V, VI, dan Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Text
7. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Peranan, Pondok Pesantren, Religiusitas, Siswa. Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada era global saat ini terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat, khususnya kalangan remaja khususnya yang masih berstatus pelajar. Melihat fenomena yang ada sekarang, banyak ditemukan tingkah laku remaja yang bertentangan dengan norma-norma ajaran agama Islam, bahkan sangat minim akan etika, maka diperlukan suatu tempat untuk membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah laku dan tindak tanduknya sesuai dengan ajaranajaran agama Islam yang salah satunya adalah di lembaga pendidikan yang berupa pondok pesantren. Penelitian ini berfokus pada persoalan: Pondok Pesantren dalam meningkatkan religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang, yang kemudian dijabarkan ke dalam beberapa rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kontribusi Pondok pesantren Darussalam terhadap peningkatan religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang (2) Bagaimana langkah-langkah Pondok Pesantren dalam meningkatkan religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang (3) Bagaimana Dampak terhadap religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang setelah mengikuti Madrasah Diniyah di Pondok pesantren Darussalam. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. maka dapat disajikan temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, kontribusi Pondok pesantren Darussalam terhadap religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang, yaitu: (1) Peranan sebagai lembaga pendidikan agama non-formal, (2) Peranan sebagai instrumen, (3) Peranan sebagai fasilitator, (4) Peranan sebagai wadah pengembangan religiusitas siswa MTsN 17 Jombang.kedua, langkahlangkah Pondok Pesantren dalam meningkatkan religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang, yaitu melalui Madrasah Diniahnya dengan: (1) Menggunakan materi menyesuaikan kebutuhan santri (2) Mengadakan program pengajian rutin (Safinatus Sholah) satu minggu sekali (3) Dalam perekrutan santri melalui santrinya sendiri yang saling mengajak kepada temannya, (4) Penilaian utama difokuskan pada praktek nya atau psikomotoriknya, (5) Memperhatikan minat yang ada pada santri sehingga tidak sampai menurun, (6) Menonjolkan peran seorang Kyai sebagai sury tauladan atau panutan, (7) Selalu menjaga keharmonisan hubungan antara santri. Ketiga, Corak religiusitas siswa MTs Negeri 17 Jombang setelah mengikuti Madrasah Diniyah di Pondok pesantren Darussalam, yaitu: (1) praktek ubudiyah, (2) Mengerti bagaimana cara berperilaku (3) Memiliki sikap kejujuran dan kedisiplinan yang tinggi, (4) Bertambahnya minat dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan agama.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 06:11 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 06:11 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1213 |
Actions (login required)
View Item |